- Fokus dan Ruang Lingkup
- Kebijakan Bagian
- Proses Peer Review
- Frekuensi Penerbitan
- Kebijakan Akses Terbuka
- Pengarsipan
Fokus dan Ruang Lingkup
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar. Ruang lingkup meliputi:
1. Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR)
2. Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar
3. Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar
4. Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar
5. Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar
6. Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar
7. Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar
Jurnal ini terbit satu tahun empat kali yaitu bulan Januari, April, Juli dan Oktober.
Kebijakan Bagian
Artikel
![]() |
![]() |
![]() |
Proses Peer Review
Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses double blind review yang diserahkan kepada reviewer. Identitas penulis tidak akan diketahui reviewer dan sebaliknya. Reviewer akan mempertimbangkan kelayakan artikel dilihat dari kesesuaian judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan. Reviewer juga akan melihat originalitas dan kualitas referensi dari setiap artikel yang akan dipublikasikan.
Frekuensi Penerbitan
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar dalam satu tahun terbit empat kali yaitu pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober.
Kebijakan Akses Terbuka
Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Pengarsipan
OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...