Kreativitas Guru Min 02 Kota Madiun Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Tematik IPS

Dian Nur Antika Eky Hastuti

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran daring di MIN 02 Kota Madiun Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 3 yang berjumlah 2 dan kepala sekolah MIN 02 Kota Madiun. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan cek dokumen. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan  adanya kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa guru di MIN 02 Kota Madiun sudah kreatif  dalam penggunaan media pembelajaran daring dimana Guru di MIN 02 Kota Madiun melaksanakan kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran daring dengan menggunakan media berupa E-Learning, google meet, zoom meeting, media cetak, dan rekaman suara.

Kata Kunci: Kreativitas, Media, Pembelajaran Daring


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Z. (2012). pembelajaran matematika. Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, 5, 24–32.

Gibson, Debbie and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Daring Berbasis Teknologi di Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi

Kasus, S., Tk, D. I., Nu, M., & Huda, M. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (tik) studi kasus di tk muslimat nu maslakul huda. 8(1).

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105

Oktawirawan, dwi hardani. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Riset, J., Dasar, P., & Setiono, P. (2020). Juridikdas Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid -19 Di Sekolah Dasar. 3(3), 402–407.

Sari, K. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(1), 44–50.

Suryani, R. dan H. (2014). variasi media dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains. Variasi Media Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sains, 26.

Muhson, Ali. (2020). Penafsiran Hasil Analisis ITEMAN 4.30. Yogyakarta: FE UNY.

Sadiman [et.al]. (2020). Media pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>