HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC PROCRASTINATION DAN KECEMASAN AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI SARJANA KEDOKTERAN YANG BERMAIN GAME ONLINE

Authors

  • Kati Sriwiyati
  • Giry Hajar Nur Fauziah
  • Risnandya Primanagara

Abstract

Latar Belakang: Intensitas bermain game online yang tinggi akan berdampak pada perilaku penundaan pekerjaan, selain dari itu aktif bermain game online juga akan berdampak pada kondisi psikis seseorang salah satunya adalah kecemasan yang dapat berujung pada perubahan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan: Mengetahui bagaimana hubungan antara academic procrastination dan kecemasan akademik dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi Sarjana kedokteran yang bermain game online. Metode: Penelitian ini merupakan penelitin observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional dan menggunakan uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara academic procrastination dan kecemasan akademik dengan prestasi belajar. Sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik cluster sampling dengan cara mengambilan data menggunakan kuesioner academic procrastination, kuesioner kecemasan akademik dan data sekunder berupa Indeks Prestasi Mahasiswa. Hasil: Hasil analisis didapatkan 93,1% mahasiswa fakultas kedokteran yang bermain game online memiliki tingkat academic procrastination sedang, 91,1% berada dalam tingkat kecemasan akademik sedang, dan 36,1% memiliki prestasi belajar dalam rentangan 3,01-3,50. Hubungan antara academic procrastination dan prestasi belajar mahasiswa yang bermain game online tidak didapatkan hubungan yang bermakna (p = 0.682; r = -0.042) untuk kecemasan akademik dan prestasi belajar mahasiswa yang bermain game online didapatkan nilai p sebesar 0.478 dan r sebesar -0.073 yang berarti tidak terdapat hubungan yang bermakna antar kedua variabel tersebut. Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara academic procrastination dan kecemasan akademik dengan prestasi belajar mahasiswa yang bermain game online.

Kata Kunci: Academic Procrastination, Kecemasan Akademik, Prestasi Belajar

 

ABSTRACT

 

Background: The high intensity of playing online games will have an impact on the procrastination behavior, A person's psychological state will also be affected by playing online games, one of which is anxiety, which can have an impact on student accomplishment. Objective: The aims of this study was to determine the relationship between procrastination and academic anxiety with academic achievement of medical faculty students who play online games. Method: This research is an analytic observational study with a cross sectional research design and uses the Spearman correlation test to determine the relationship between procrastination and academic anxiety with learning achievement. The research sample was collected using cluster sampling technique by collecting data using academic procrastination questionnaires, academic anxiety questionnaires and secondary data in the form of Student Achievement Index. Results: The results of the analysis obtained 93.1% of academic procrastination of medical school students who played online games at a moderate level, 91.1% were in a moderate level of academic anxiety, and 36.1% had learning achievement in the range of 3.01-3.50. Relationship between academic procrastination and student achievement who played online games showed a insignificant relationship (p = 0.682; r = -0.042) for academic anxiety and student achievement who played online games, the p value was 0.478 and r was -0.073. Therfore, there is no significant relationship between the two variables. Conclusion: There is no significant relationship between procrastination and academic anxiety with student achievement playing online games.

Keywords: Academic Procrastination, Academic Anxiety, Learning Achievement

Published

2024-01-18

Citation Check