PERSEPSI TINGKAT KESIAPAN DOKTER MUDA DI ROTASI KLINIK DALAM PROGRAM PROFESI DOKTER DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Isney Hanindya, Duddy Fachrudin, Ouve Rahadiani

Sari


Latar Belakang: Persepsi merupakan suatu proses yang ada pada individu dalam mengelola dan menafsirkan gambaran indra mereka dalam memberikan makna dalam lingkungan mereka. Dalam hal ini, perilaku mahasiswa didasarkan pada persepsi mereka mengenai apa realitas yang ada, bukan mengenai realitas itu sendiri, tetqpi dengan apa yang akan mereka akan hadapi pada rotasi klinik. Tujuan: Untuk mengetahui persepsi tingkat kesiapan dokter muda di rotasi klinik dalam program profesi dokter. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang sudah tervalidasi yang terbagi menjadi lima kategori yaitu; masa transisi dan sosialisasi profesi, beban kerja, kontak dengan pasien, aplikasi pengetahuan dan keterampilan, pembelajaran dan pendidikan. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada fase transisi, mayoritas mahasiswa mempunyai persepsi yang baik terlihat dari mayoritas mahasiswa yang merasa siap untuk memulai pelatihan, dan mahasiswa mampu bekerja sama dengan sesama koas maupun staf klinis lainnya. Namun, mahasiswa mempunyai persepsi yang buruk mengenai beban kerja  di mana mahasiswa menganggap bahwa jam kerjanya terlalu panjang dan Ada perbedaan yang besar antara beban kerja pre-klinik dan klinik/ klerk/ koas. Mayoritas mahasiswa mempunyai persepsi baik mengenai kontak pasien dimana mahasiswa merasa mudah saat harus kontak langsung dengan pasien dan merangsang mahasiswa untuk belajar, mereka menganggap bahwa kontak dengan pasien akan meningkatkan pengetahuan karena mudah diingat. Dari segi pengetahuan dan skill mahasiswa merasa adanya pembelajaran yang didapat pada fase pre-klinik relevan dengan tahap klinik.  Dan mayoritas mahasiswa melakukan belajar mandiri, dan lebih giat dalam belajar dibandingkan sebelum koas. Kesimpulan: persepsi tingkat kesiapan dokter muda di rotasi klinik dalam program profesi dokter di Universitas Swadaya Gunung Jati, mayoritas mahasiswa memiliki persepsi baik.

Kata Kunci: persepsi mahasiswa, kesiapan mahasiswa, rotasi klinik.

ABSTRACT

Background: Perception is a process on which individuals manage and interpret their senses in providing meaning to their environment. In this case, student behavior reflects their perception of what reality is, instead of about reality itself, with what they will face in clinical clerkship. Objective: To analyze students’ perceptions of the readiness egree for clinical clerkship. Method: This study used a quantitative approach with a validated questionnaire divided into five categories, namely the transition period and professional socialization, workload, contact with patients, application of knowledge and skills, learning and education.  Results: The results of this study show that in the transition phase most medical students have a good perception. This can be seen that they felt ready to start training, were able to work in team with their fellow medical students and other clinical staffs. However, they had bad perceptions about workloads by considering that working hours were too long and there was a big difference between pre-clinical and clinical/clerical/resident workloads. On the other hand, most medical students had a good perception of patient contact by considering it easy to have direct contact with patients and stimulate them to learn. In addition, they assumed that contact with patients would increase their knowledge since it was easy to remember. In terms of knowledge and skills, medical students felt that the learning gained in the pre-clinical phase was relevant to the clinical stage. In this case, most medical students studied independently and were more active in learning than before being the medical students. Conclusion: Most medical student had good perception of the readiness degree for the clinical clerkship.

Keywords: perception, readiness, clinical clerkship

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Print ISSN: 2089-6042 || e-ISSN : 2579-7514
counter kostenlos Flag Counter
execute(); ?>