Pengaruh Learning Approach dan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Terhadap Nilai Ujian Akhir Blok di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati

Sinta Denok, Catur Setya Sulistiyana, Tissa Octavira Permatasari

Sari


ABSTRAK

Latar Belakang: Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa kedokteran, salah satunya adalah learning approach dan kecemasan. Learning approach sendiri dapat mempengaruhi kecemasan dan keadaan cemas dapat menghambat fungsi kognitif yang berpengaruh pada performa ketika ujian sehingga dapat mempengaruhi nilai ujian. Tujuan: Menganalisis hubungan antara tingkat kecemasan dan learning approach dengan hasil nilai UAB pada mahasiswa kedokteran Unswagati. Metode: Penelitian analitik observasional dengan rancangan  penelitian  cross  sectional.  Sampel  penelitian  ini  ialah  mahasiswa  Fakultas  Kedokteran  Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon  yang mengikuti ujian UAB, dengan besar sampel 221 mahasiwa dilakukan uji statistik untuk menganalisis hubungan learning approach dan kecemasan dalam menghadapi nilai ujian UAB.

Hasil: Terdapat hubungan bermakna antara learning approach terhadap nilai UAB dengan kekuatan hubungan cukup kuat (0.557), serta terdapat hubungan bermakna antara kecemasan terhadap nilai UAB dengan kekuatan hubungan kuat (0.785). Pengaruh antara learning approach dan tingkat kecemaan terhadap nilai UAB sebesar 68.3% dengan learning approach (47.1%) dan tingkat kecemasan sebesar (16.2%) sisanya di pengaruhi oleh faktor lain yang mempengaruhi nilai UAB. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara learning approach dan tingkat kecemasan dengan nilai UAB.

Kata Kunci: Learning approach, kecemasan, UAB.

 

ABSTRACT

Background: There are several factors influencing medical students’ learning achievement, such as the learning approach and anxiety. However, the learning approach it self can influence the anxiety, which then can be barrier for cognitive function. It affects the performance during the test, so that it can influence the test score. Aim: To analyze the correlation between the anxiety level and learning approach toward the score of End-Blok Test (EBT) achieved by medical students in Swadaya Gunung Jati university, Cirebon. Method: This research was analytical observation along with cross sectional research design. Samples of this research were 221 undergraduate students in Medical Faculty, Swadaya Gunung Jati university, Cirebon, who attented the BFE test. Findings: There was a significant the correlation analysed using learning approach and the EBT score in which the correlation was strong (0.557), and there was also a significant correlation between anxiety and the EBT score along with the strong correlation (0.785). The influence between learning approach and the level of anxiety to EBT value of 68.3% with learning approach (47.1%) and anxiety level (16.2%) the rest influenced by other factors that affect the value of EBT. Conclusion: There is a significant correlation between learning approach and anxiety level toward the score of EBT.

Keywords: Learning approach, anxiety, EBT


Referensi


Daftar Pustaka

Shumway JM, Harden RM. AMEE Guide No. 25: The assessment of learning outcomes

for the competent and reflective physician.

Med Teach. 2003:569-584.

Suryanto. Computer Based Test (CBT) Sarana Ujian Nasional. 2015. http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/i ndex.php/menuutama/edukasi/1416-cbt.

Sadock BJ. Buku Ajar Psikiatri Klinis / Benjamin J. Sadock, Virginia A. Sadock. 2nd ed. (Muttaqin H, Sihombing. RNE, eds.). Jakarta: penerbit buku kedokteran EGC; 2016.

Saravanan C, Wilks R, Saravanan C, Wilks R. Medical Students’ Experience of and Reaction to Stress: The Role of Depression and Anxiety. Sci World J. 2014.

Lisiswanti R, Saputra O, Carolia N, Malik MM. Hubungan Pendekatan Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 2015:79-84.

Biggs J. Student Approach to Learning and Studying. Australia: Redforf house; 1987.

Daniel Alberth Lallo, L. F. Joyce Kandou , Munayang H. Hubungan Kecemasan Dan Hasil Uas-1 Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado Tahun Ajaran 2012 / 2013. Fak Kedokt Univ Sam Ratulangi Manad. 2013:1-10.

Chandratika D, Purnawati S. Gangguan Cemas Pada Mahasiswa Semester I Dan Vii Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Med Udayana. 2014:1-12. http://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/vi ew/11931.

Ayub Sani Ibrahim. Buku Panik Neurosis &

Gangguan Cemas. Jakarta: Jelajah Nusa;

Tarbiyah J. Pengaruh Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Eti Nurhayati, Absorin. 2009:113-122.

Kharb P, Samanta P, Jindal M, Singh V. The learning styles and the preferred teaching-learning strategies of first year medical students. J Clin Diagn Res. 2013.

Sadock BJ, Sadock virginia A. Buku Ajar Psikiatri Klinis. 2nd ed. (Muttaqin H, Sihombing RNE, eds.). Jakarta: 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Print ISSN: 2089-6042 || e-ISSN : 2579-7514
counter kostenlos Flag Counter
execute(); ?>