Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mengenai Hipertensi dengan Kepatuhan Diet Pasien Hipertensi di Puskesmas Jagasatru Kota Cirebon

Aris Sunaryo, Novi Auliani Afiffah

Sari


ABSTRAK

 

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup dominan dan perlu mendapatkan perhatian sebab angka prevalensinya yang tinggi. Faktor penyebab hipertensi dapat terjadi karena pola makan yang salah. Kepatuhan diet adalah suatu aturan perilaku yang disarankan oleh tenaga kesehatan terhadap diet yang dilaksanakan, kepatuhan pasien merupakan faktor utama penentu keberhasilan dalam suatu terapi. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis tingkat pengetahuan dan sikap pasien hipertensi atas kepatuhan menjalankan diet hipertensi di Puskesmas Jagasatru Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan deskriptif dengan metode penelitian cross-sectional. Besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 115 orang yang diambil pada bulan Februari 2016 dan hasilnya di uji analisis menggunakan  Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan mengenai hipertensi dengan kepatuhan diet hipertensi (p<0,05) dengan sifat korelasi positif 0,548. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat sikap terhadap hipertensi dengan kepatuhan diet hipertensi (p<0,05) dengan sifat korelasi positif 0,654. Semakin tinggi tingkat pengetahuan dan sikap, maka akan semakin tinggi pula kepatuhannya dalam menjalankan diet hipertensi.

Kata Kunci: hipertensi, kepatuhan diet hipertensi, pengetahuan, sikap.

 

ABSTRACT

 

Hypertension is one of the dominant health issues and requires attention due to high prevalence. One of the causing factors of hypertension is bad diet. Adherence to strict diet is usually recommended by medical professional and adhering to a healthy diet is a key to success in treating hypertension. This study was conducted to analyze the level of knowledge and attitude of hypertensive patients towards adhering to healthy anti-hypertensive diet at Jagasatru public health center. The study was a quantitative study with descriptive design and cross sectional approach. The sample involved in the study was 115 patients recruited during February 2016 dan the result was analyzed using Spearman Rank analysis. The study showed that there was a significant correlation between level of knowledge and adherence to the anti-hypertensive diet (p<0.05) with a positive correlation of 0.654. In conclusion, the higher the level of knowledge and attitude, the higher the adherence to anti-hypertensive diet.

Key words: hypertension, adherence to anti-hypertensive diet, knowledge, attitude

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


World Health Organization (WHO). A global brief on hypertension: silent killer, global public health crisis. World Health Organization;2013

Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar.Jakarta;2013

Ernitasari PD. Djarwoto B. Pola Makan, Rasio Lingkar Pinggang Pinggul (RLPP) dan Tekanan Darah di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Jurnal Gizi Klinik Indonesia Vol 6 No 2. 2009.

Utami P. Solusi Sehat Mengatasi Hipertensi. Jakarta: Agromedia Pustaka; 2009.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Print ISSN: 2089-6042 || e-ISSN : 2579-7514
counter kostenlos Flag Counter
execute(); ?>