STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LOKAL I-LED MELALUI SOSIAL MEDIA FACEBOOK DI DESA KLAYAN KECAMATAN GUNUNG JATI CIREBON

Dea Nita Septiani, Mukarto Siswoyo, Welly Wihayati

Abstract


Tujuan pada penelitian yang berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Lokal I-LED Melalui Sosial Media Facebook†dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta menghasilkan data yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, menghasilkan data sebagai berikut: 1) Strategi komunikasi pemasaran pada I-LED berjalan dengan optimal, aktif pada berbagai bauran pemasaran. Ada dua dimensi yang harus ditingkatkan lagi, yaitu periklanan khususnya lewat internet dan Promosi Penjualan terutama dalam mengelola media sosial dan online shop agar komunikasi pemasaran dapat berjalan dengan optimal, 2) Faktor pendukung serta Faktor penghambat, seperti seperti kualitas produk yang ditawarkan, pemilihan media sosial, skill pelayanan pendukung dapat menarik konsumen, sedangkan faktor penghambat, yakni kurangnya tenaga kerja, kurang aktif dalam kegiatan Periklanan, dan belum mengikuti kegiatan pameran penjualan produk, dan 3) Upaya yang dilakukan seperti penambahan tenaga kerja baru dengan mengajak orang-orang sekitar untuk bekerja sama, hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam kegiatan produksi serta meningkatkan penjualan produk, mulai aktif dalam kegiatan Periklanan dalam berbagai hal baik dalam word of mouth maupun di internet agar produknya dapat dikenal oleh khalayak luas. Selain itu I-LED juga mulai bekerja sama dengan beberapa komunitas aquarium air laut dan tawar di Cirebon untuk mengadakan suatu pameran agar masyarakat dapat mengenal lebih dalam mengenai kegiatan hobi aquarium air laut dan tawar.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Produk Lokal, Media Sosial,  Facebook


References


Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Bungin, B. (2007). Bun Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya . jakarta: media group.

Cangara, H. (2018). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Doni, P. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Alfabeta.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fandy, T. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Fajarianto, O., Lestari, A. D., & Erawati, D. (2021). PEMANFAATAN QR CODE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON. JURNAL SIGNAL, 9(1), 100-107.

Feriyanto, A., & Triana, E. S. (2015). Komunikasi Bisnis Strategi Komunikasi dalam Mengelola Bisnis. Yogyakarta: MEDIATERA.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta:

Erlangga. Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Jefkins, F., & Daniel. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lee, M., & Jhonson, C. (2011). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Prespektif Global. Jakarta: Kencana.

Lestari, A. D., & Erawati, D. (2019). Proses Word Of Mouth Communications Sebagai Media Promosi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Jurnal Signal, 7(2), 224-239.

M.Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang.Yogyakarta: Kobis.

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi PEmasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Morissan. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang.Yogyakarta: Kobis.

Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.

Prisgunanto, I. (2014). Komunikas Pemasaran Era Digital . Jakarta: Prisani Cendekia. Rakhmat, J. (2008). Riset Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shimp, T. A. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Wati, Mardiana dan Rizky, A. R. (2009). 5 Jam Menjadi Terkenal Lewat Facebook. Bandung: CV. Yrama Widya




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v10i2.7594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>