ANALISIS INOVASI ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI KASUS SMAN 1 PALIMANAN)

Yanti Susilawati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui inovasi administrasi yang dilakukan guru di SMAN 1 Palimanan, dan hambatan- hambatan apa saja yang dihadapi guru dalam melakukan inovasi administrasi tersebut. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada 62 guru SMAN 1 Palimanan. Angket terdiri dari dua yakni untuk mendapatkan data mengenai inovasi guru dan data mengenai hambatan guru dalam melakukan inovasi administrasi. Data diolah dengan persentase dan rumus skala likert untuk menentukan intervalnya. Temuan penelitian ini menunjukkan guru-guru SMAN 1 Palimanan telah melakukan inovasi administrasi, akan tetapi inovasi yang dilakukakan belum maksimal, yaitu sebesar 63,32%, dengan 64,15% inovasi pada Prota, 62,67% inovasi pada promes, 60,72% inovasi pada silabus, dan 65,75% inovasi pada RPP. Adapun faktor-faktor yang menghambat guru-guru tersebut dalam berinovasi yaitu keterbatasan waktu karena padatnya jadwal kinerja guru, kurikulum yang sering berubah, kurangnya daya dukung, sarana, dan prasarana, masalah kepemimpinan, dan kurangnya bimtek dan pengelolaan administrasi.


Keywords


Administrasi guru; Inovasi; Mutu pembelajaran



DOI: http://dx.doi.org/10.33603/.v5i2.4904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.