MOTIVASI KEPALA PUSKESMAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS MANGGARI KECAMATAN LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v6i2.10962Kata Kunci:
Motivasi, kinerja, pegawaiAbstrak
Penelitian ini berjudul “Motivasi Kepala Puskesmas dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Puskesmas Manggari Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan. ” Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami bagaimana motivasi Kepala Puskesmas dapat berkontribusi dalam meningkatkan kinerja pegawai di Puskesmas Manggari Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan. Selain itu, penelitian ini ingin mengetahui kualitas kinerja pegawai di Puskesmas Manggari Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan motivasi dari Kepala Puskesmas dalam meningkatkan kinerja pegawainya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi hambatan dalam memotivasi kinerja pegawai di Puskesmas Manggari Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang mencakup wawancara mendalam, pengamatan langsung, dan penelaahan literatur. Hasil yang diperoleh dari penelitian di Puskesmas Manggari, berdasarkan teori yang digunakan, dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Motivasi yang diberikan oleh Kepala Puskesmas dalam meningkatkan kinerja pegawai di Puskesmas Manggari belum berjalan secara maksimal, hal ini terlihat dari rendahnya semangat kerja pegawai dalam mencapai hasil kerja yang baik, disebabkan oleh kurangnya perhatian pimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai. 2) Kinerja pegawai di Puskesmas Manggari juga belum optimal, dikarenakan adanya beberapa masalah, antara lain rendahnya kualitas sumber daya manusia yang tercermin dari kurangnya ketelitian dan keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, serta ada pegawai yang belum terampil dalam menggunakan teknologi. 3) Kendala dalam memotivasi kinerja pegawai meliputi kesulitan Kepala Puskesmas dalam menemukan cara yang efektif untuk memotivasi pegawai agar kinerjanya dapat meningkat. 4) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan mencari metode yang tepat untuk memotivasi pegawai melalui pendekatan komunikasi yang baik, sehingga kinerja pegawai dapat diperbaiki
Referensi
Abdullah, Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hasibuan, S.P. Malayu. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
_____ . 2010. Organisasi & Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
_____ . 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:
PT Bumi Aksara
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja: CV Mandar Maju.
_____ . 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thoha, Miftah. 2009. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128/MENKES/SK/II/2004 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas.
Peraturan Bupati Kuningan Nomor 69 Tahun 2016 tentang Pembentukan Tugas dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis pada Dinas dan Badan (UPTD/UPTB) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.
Sumber Lain
https://kitefest.jimdo.com/2016/03/26/puskesmas-sebagai-penyelenggara-dan-fasilitas-alat-kesehatan/
Diakses 27 Januari 2018
https://www.kuningankab.go.id Diakses 5 Februari 2018
http://tugaskuliah0601.blogspot.co.id/2016/10/motivasi-pegawai-tujuan-motivasi-dan.html
Diakses 27 Januari 2018
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Novi Novianti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.