PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMENTASKAN DRAMA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH, PENELITIAN PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KEDAWUNG
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v5i1.10957Kata Kunci:
Model Belajar, Bermain Peran, Pembelajaran DramaAbstrak
Dunia seni peran adalah sisi lain dunia yang penuh dengan keindahan. Penanaman karakter dapat disampaikan lewat seni pementasan lakon drama. Siapa saja dapat leluasa memasuki dunia seni peran tanpa mengenal batasan usia, pendidikan, pekerjaan, dan latar belakang sosial. Pementasan drama sebagai bentuk apresiasi terhadap karya seni merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap kehidupan. Melalui pementasan drama, setiap episode hidup diabadikan dan dipotret secara riil, mulai dari episode bahagia, sedih, dan lucu. Pada umumnya pementasan drama merupakan pengejewantahan karakter yang dipengaruhi oleh sikap pengarang dalam menginterpretasikan kehidupan. Pengarang yang menginterpretasikan kehidupan sebagai tempat yang menyedihkan, akan menghasilkan drama-drama tragedi. Sebaliknya, pengarang akan melahirkan karya drama yang berkisah tentang hidup bahagia, jika memaknai hidup sebagai tempat yang penuh dengan kebahagiaan
Referensi
Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakaerta: Balai Pustaka.
Alwi, Hasan, dkk. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press.
Asyirint. 2010. Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.
Borg, James. 2012. Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh. Jogjakarta: Think.
Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Embassy Jakarta: Pearson Education
Chatib, Munif. 2012. Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Media Utama.
Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kopetensi. Standar Kopetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Dewojati, Cahyaningrum. 2012. Drama, Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Javakarsa Media.
Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Jakarta: Buku Seru.
Grabe, William and Fredricka L.Stoller. 2002. Teaching and Researching Reading. Eangland: Pearson Education.
Hakim, Thursan. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamalik, Oemar. 2000. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Program Pascasarjana UPI.
Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jalaludin. 2011. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Joyce, Bruce. 2009. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia. Flores: Nusa Indah.
Komalawati, Desi. 2003. Tindak Tutur dalam Wacana Drama Siaran Radio Pendidikan Bahasa Indonesia Produksi BPMR Semarang Tahun 2002 (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Makhdalena. 2011. Tesis. Model Pembelajaran Berbicara Kesantunan Berbahasa Berdasarkan Prinsip-Prinsip Al-Quran (Penelitian dan Pengembangan terhadap Siswa Kelas VII MTSN 1 Kota Bengkulu. Bandung: Pascasarjana UPI.
Mulyana, Yoyo Memen Durahman dkk. 1998. Sanggar Sastra. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Putra, Bintang Angkasa. 2012. Drama Teori dan Pementasan. Yogyakarta: Citra Adi Parama.
Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius (saduran Moody, H.L.B. 1979. The Teaching of Literature. London: Longman Group)
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Riduwan, 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saptaria, Rikrik El. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film dan Teater, Acting Handbook. Bandung: Rekayasa Sains.
Satoto, Soediro. 2012. Analisis Drama dan Teater. Yogyakarta: Ombak.
Shambaugh, Neal. 2006. Instructional Design. America: Pearson Education.
Sitanggang, dkk. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Stanislaus S. Uyanto. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supratman, Dandan. 2012. Makalah Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Wahana Memperteguh Nilai Karakter dan Budaya Bangsa. Semarang: UNNES.
Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
___________________. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Tiawati, Refa Lina. 2012. Tesis. Kesantunan Tindak Tutur Guru dalam Konteks Proses Pembelajaran yang Beorientasi Pendidikan Karakter di SD Islam Budi Mulia Padang. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Tim PLPG UPI Bandung. 2011. Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMA/SMK. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Undang-Undang Perfilman 2009. 2010. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
Uyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yoggyakarta: Graha Ilmu.
Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.
Waluyo, Herman. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Nabila.
Zaini, Hisyam, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Desi Komalawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.