PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA JATI KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v8i1.10906Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, PDAM Kertajati Kab.Cirebon, SPSSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak dari Kualitas Layanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Daerah Umum Air Minum Tirta Jati yang berada di Kabupaten Cirebon pada tahun 2023. Responden dalam studi ini ialah pelanggan dari Perusahaan Daerah Umum Air Minum Tirta Jati di Kabupaten Cirebon, dengan total peserta yang ditetapkan sebanyak 100 orang melalui metode pengambilan sampel survei yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya (penelitian pengujian). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik yang dibantu oleh sistem SPSS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas layanan (X) dan kepuasan pelanggan (Y) pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon.
Referensi
Abdullah, M. R. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo, Yogyakarta. Affandi, H., Zaki, M., & Azmeri, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Mon Pase Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Teknik Sipil, 6(3), 297-308.
Against Public Satisfaction Levels In Sub Ompo District Of Lalabata Soppeng Regency.
Jurnal Mirai Management, 1(2), 426-445.
Amanda, E. A., Budiwibowo, S., & Amah, N. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pdam Tirta Taman Sari Kota Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 1-12.
Arief, Muhtosim. 2006. Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing. Arini, D., Hamiyati, H., & Tarma, T. (2016). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap
Kualitas Hidup Lansia Di Panti Werdha Ria Pembangunan Jakarta Timur. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 3(2), 68-73.
Damayanti, L. D., Suwena, K. R., & Haris, I. A. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 21-32.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). Guepedia.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Gusril, H. (2016). Studi Kualitas Air Minum Pdam Di Kota Duri Riau. Jurnal Geografi, 8(2), 190-196.
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, Dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Hermanto, H. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press
Irawan, B., & Laksono, S. S. M. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik, Profesionalisme, Kinerja Pegawai Sebagai Upaya Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar). Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28-37.
Khaeruman, & Saefullah, E. (2017). Analisis Lokasi Usaha Terhadap Penjualan Pedagang Buah-Buahan Di Sepanjang Jalan Ciptayasa Serang. Jurnal Sains Manajemen
Kotler & Keller. 2007. Marketing Management. Jakarta: Pt. Indeks.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.
Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicum L.]). Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333-342.
Munparidi, M. (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang. Orasi Bisnis: JurnaNotoatmojo. (2012). Metode Penelitian Kl Ilmiah Administrasi Niaga, 7(1).
esehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik).
Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 117-128.
Permana, J. D. (2020). Perancangan Pengembangan Produk Air Mineral Dalam Kemasan (Amdk) Merk “Xyz” 600 Ml Berdasarkan Model. Journal Of Applied Business And Economics (Jabe), 6(4), 300-311.
Prasetyono, U. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Vol. 15 (3). 1, 20
Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan Spss 20.Yogyakarta: CV. Andi Offest.
Purwanto, E. A., Tyastiyanti, D., Taufiq, A., & Novianto, W. (2016). Pelayanan Publik, Modul Pendidikan Dan Pelatihan Dasar Kader Pns. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Putra, M. B. (2020, November 29). Mengenal Pelayanan Publik. Ombudsman Republik Indonesia.
Raharjo, S. (2014, Juli 5). Uji Regresi Sederhana Dengan Spss. Retrieved April 18, 2022 Raharop, S. (2014, Mei 6). Uji Analisis Korelasi Dengan Program Spss. Retrieved April
, 2022,
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Riani, N. K. (2021). Strategi peningkatan pelayanan publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2443-2452.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279-284.
Sarwono, Jonathan, (2006). Analisis Data Penelitian Menggunakan Spss 13, Andi Offset, Yogyakarta.
Suyono, S., Halim, M. P., Mukhsin, M., & Akri, P. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di MCDonald’s Pekanbaru. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 5(1), 70-84.
Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Deepublish.
Selvi Rianti, Z. R., & Yuliani, F. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 17(2), 412-419.
Setiawan, H. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil Di Kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 8(2).
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website ECommerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Jurnal Compiler, 7(1).
Sigit Hermawan, S. E., & Amirullah, S. E. (2021). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (Mnc Publishing)
Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara. Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Go-Jek). Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67-81.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tiara Citra Azzahra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.