KEBIJAKAN PUBLIK UNTUK MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN DI KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.33603/reformasi.v7i1.10895Kata Kunci:
kebijakan, pupuk, ketahanan, pangan, pertanianAbstrak
Ketahanan pangan adalah isu krusial dalam pertahanan negara. Setiap wilayah perlu memiliki ketahanan pangan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu menerapkan kebijakan publik untuk para petaninya. Metode yang dipakai dalam studi ini adalah metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui survei, wawancara, telaah dokumen, dan dengan mengunjungi lokasi untuk melihat langsung aktivitas petani. Temuan dari penelitian ini mengungkap bahwa Kebijakan Publik dalam ketahanan pangan di Kabupaten Indramayu dipimpin oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Indramayu yaitu ‘Sapta Nata Mulia Jaya’ untuk mewujudkan terwujudnya Indramayu Bermartabat: Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur Dan Hebat.. Kesimpulannya, pelaksanaan kebijakan publik dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian meliputi bidang ketersediaan dan distribusi pangan, konsumsi dan keamanan pangan, tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan penyuluhan; peternakan; kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.
Referensi
Alfian Adi Prasetyo dan Herbasuki Nurcahyanto. 2014. Analisis Pengembangan E-Government di Kota Semarang (Studi Website Resmi Kota Semarang)
Hamidah Nur Rahmawati. 2015. Implementasi E-Government dalam Pelayanan
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan
Hariadi Danu. 2011. Analisis Kebijakan Implementasi E-Government Terhadap Pelayanan Kependudukan dan Perekonomian. Program Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan. Universitas Sebelas Maret Srakarta.
Idrus Iqbal Aidar, Zakiyah Ummi, Hodiyah Lisa. 2017. Kajian Sukses Implementasi E-Government Studi Kasus: Pemerintah Kota Bogor.
Implementasinya edisi revisi. Yogyakarta : Gava Media
Indrajit Richardus Eko. 2004. Electronic Government Strategi Pembangunan
Izzati Berlian Maulidya. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Publik E-Government (Government To Citizen) Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus: Kota Surabaya. Fakultas Teknologi Informasi. Institut
Kartanegara. Balitbangda Kab. Kutai Kartanegara. Vol. 12 No. 1.
Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Genesin
Kuswana Dadang. 2011. Metode Penelitian Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia
Mahdanisa Dinda dan Nurlim. 2018. Analisis Penerapan E-Government Dalam
Moleong, Lexy J. 2016 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Muhammad Fatchuriza danTeguh Adi Prasojo. 2021. Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis E-Government Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal.
Pencapaian Sistem Informasi Pada (Dinas Kominfo) Kabupaten Kutai
PREINEXUS
Rahayu Amy YS, Vishnu Juwono, Krisna Puji Rahmayanti. 2020. Pelayanan Publik dan E-Government Sebuah Teori dan Konsep. Depok. PT RajaGrafindo Persada.
Reformasi Birokrasi dan E-Governance. Yogyakarta : Graha Ilmu
Rosdakarya
Siew Lim Siew. Low Yin Leng.2015. E-Government in Action: Singapore Case
Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta : ANDI
Studi Magister Administrasi Publik. Universitas Sebelas Maret Srakarta.
Study. University of Nebraska, Lincoln.
Suaedi Falih, Bintoro Wardiyanto. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Volume 2. No.2
Wibowo Sri Danang, Irwan Abdullah, Muhadjir Darwin. 2014. The Growth of EGovernment in the Government of Yogyakarta City. Study Program: Policy Study, Graduate School. Gadjah Mada University.
Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan Penelitian
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Retno Widyani, Suhendra Suhendra, Mus Nilamcaya, Azis Rudiansyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal REFORMASI, Sekolah Pascasarjana Ilmu Administrasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.Â
Jurnal REFORMASI, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal REFORMASI are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.