IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM DESA PRENEUR DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI KALURAHAN KEMIRI, KAPANEWON TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Maria rosa mustika lefteuw

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kebijakan pemerintah kalurahan dalam pengembangan UMKM dan untuk mengetahui proses serta faktor-faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan pengembangan UMKM. Hasil penelitian ini menjelaskan intervensi kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Kemiri berwujud pada mengintegrasikan seluruh unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada satu wadah yang bernama Desa Preneur dan di bawah komando Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Terkhusus pada pelaksnaan program desa preneur sendiri diaharpkan mampu menjadi program yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di kalurahan kemiriyakni dengan Peran pemerintah kalurahan Kemiri untuk membantu akses pelaku UMKM diwujudkan dalam bentuk acara- acara atau event. Melakukan pameran tersendiri, fasilitasi produk untuk pameran. Mewadahi berbagai produk nantinya pada show room atau griya UMIKM yang berada di latar ombo. Kendala yang dihadapi Pemerintah Kalurahan Kemiri dalam pelaksanaan pengembangan UMKM berupa kucuran dana guna lebih membantu dan lebih cepat mengerakan roda perekenomian masyarakat dan percepatan pembangunan wadah UMKM. Selain itu, kerjasama dengan pihak ketiga yang dirasa sulit untuk dilakukan.


Referensi


Agustina, T. dkk, (2016). “Kajian Tentang Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mendukung Pengembangan Usaha Produk Unggulan Lokal Sulam Dan Bordir Kabupaten Malang” ISBN 978-602-6428-04-2

Agustino, L. (2012). Dasar-dasar Kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.

Alyas, & Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora, 114-120.

Hasri, B., Santoso, S., & Santoso, T. (2015). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Daerah di Kabupaten Ngawi. Ngawi: Magister Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana UNS.

Istamto, R. 1996. Pengantar Kebijakan Publik, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Kusuma, H. and Purnamasari, N. (2016). Baseline Research Membangun Gerakan Desa Wirausaha. Yogyakarta.

Nugroho, R. (2017). Public Policy: Dinamika kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan (Edisi Keen). Jakarta: Gramedia.

Pujiati, dan Rufaida, E. (2017). Kisah Perjalanan Para Pemula Wirausahawan di Bumi Lampung. Lampung: Program Studi Magister Pendidikan IPS – UNILA

Seelos, C. and Mair, J. (2004) Social Entrepreneurship: The Contribution of Individual Entrepreneurs to Sustainable Development. IESE Business School, University of Navarra, Navarra, Spain.

Winarno, Budi. (2008). Kebijakan Publik (teori dan proses). Jakarta: Media Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v12i1.8969

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License