PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM UPAYA PENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

Dendy Eta Mirlana, Alfan Khoirul Fatta, Anton Subagyo, Sunarso -

Sari


Permasalahan kemiskinan sekarang masih menjadi perhatian utama bagi pemerintah pusat dan daerah. Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pengentasan kemiskinan yang memberikan bantuan nontunai bersyarat kepada penerima manfaat. Pemberian bantuan ini untuk keluarga miskin yang mempunyai ibu hamil, nifas/menyusui, anak balita, dan  anak usia sekolah. Program ini dirancang tidak hanya untuk menjamin terpeliharanya taraf hidup keluarga miskin tetapi diharapkan juga mampu memberikan ruang bagi peran perempuan dalam perekonomian rumah tangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi PKH dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada kelompok keluarga miskin dan menggali faktor pendorong dan faktor penghambat implementasinya. Jenis penelitian yang dipergunakan yaitu kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di Desa Mangunsuman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan program PKH di Desa Mangunsuman berfungsi dengan baik, ini diketahui dari jumlah masyarakat peserta PKH yang semakin berkurang setiap tahunnya. Hal ini akan berdampak pada pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas SDM, khususnya pada rumah tangga miskin. Faktor penentu program Keluarga Harapan yang diselenggarakan di desa Mangunsuman kecamatan Siman ialah sumber daya keuangan yang cukup untuk menetapkan keberhasilan tujuan program PKH, kerjasama yang baik dari para pihak yang terlibat dan peran dari pendamping. Sedangkan, faktor penghambat pelaksanaan PKH yaitu adanya konflik yang timbul antar individu yang ditunjukkan dari adanya kecemburuan yang terjadi antar peserta penerima PKH. Maka dari itu, diperlukan kesabaran dari pihak pendamping PKH agar mampu menciptakan masyarakat yang memiliki kesadaran, terpenuhinya kebutuhan, dan sehat mental maupun fisik.


Referensi


Ayu, K., Sutomo and Azhari, K. (2020) ‘Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember’, Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), pp. 1–16. Available at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEK.

Cahyat, A., Gönner, C. and Haug, M. (2007) Mengkaji Kemiskinan dan Kesejahteraan Rumah Tangga.

Danim, S. (2022) Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kementrian Sosial RI (2016) ‘Kebijakan Pelaksanaan Program Keluarga harapan (PKH)’. Direktorat Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Kementrian Sosial RI (2018) Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan. Jakarta.

Mahmud, F., Mustari, N. and Haq, N. (2020) ‘Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kabupaten Enrekang’, Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 6(1), pp. 17–33. doi: 10.26618/kjap.v6i1.3396.

Masrul Ikhsan, Hafzana Bedasari and Ahmad Hadi (2022) ‘Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Rumbio Jaya’, Jurnal Administrasi Politik dan Sosial, 3(3), pp. 171–176. doi: 10.46730/japs.v3i3.89.

Muslim, K. (2006) Karakteristik Kemiskinan Di Indonesia & Strategi Penanggulangannya. Jakarta: PT. Indomedia Global.

Nurhadi (2006) Mengembangkan Jaminan Sosial, Mengentaskan Kemiskinan. Yogyakarta: Media Wacana.

Subri, M. (2003) Ekonomi Sumber Daya Manusia Persfektif Pembangunan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, S. (2002) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Suradi (2007) ‘Pembangunan Manusia, Kemiskinan, dan Kesejahteraan Sosial’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 12(3).

Tahir, A. (2014) Kebijakan publik dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Bandung: Alfabeta.

Taufik dan Isril (2014) ‘Implementasi Peraturan Daerah Permusyarawatan Desa’, Jurnal Kebijakan Publik, 4(2), p. 136.

Virgoreta, T. D. A., Nur Pratiwi, R. and Suwondo (2015) ‘Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’, Jurusan Administrasi Publik, 2, No. 12, pp. 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v12i1.8960

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License