ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM POSYANDU DI DESA KOLAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Muharrammah Isnaini, Zuhrina Aidha, Khairunnisa Khairunnisa, Nabilla Yurisna Siregar

Sari


Posyandu Balita yang diperuntukan pada anak yang berada pada rentang usia 0-5 tahun. Yang mana dimasa balita kita harus memantau perkembangan anak dan proses tumbuh kembang anak untuk menghindari status gizi buruk dan menghindari pekembangan anak yang abnormal. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi program posyandu balita di Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Responden penelitian ini berjumlah 6 orang, yang terdiri atas 3 masyarakat yang menghadiri posyandu di desa kolam, dua kader posyandu dan 1 bidan desa. Hasil dari penelitian diketahui berdasarkan dari wawancara bahwa posyandu diwilayah kerja puskesmas di desa kolam kecamatan percut sei tuan secara rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali pada tanggal 6. Para kader posyandu dan bidan desa aktif dalam melaksanakan tugas nya. Pemberian imunisasi di Posyandu belum maksimal karena masih banyak orang tua yang tidak mau anaknya diimunisasi dengan alasan antara lain takut demam setelah diimunisasi, imunisasi tidak memberi manfaat apapun karena anaknya yang lain tetap sehat walaupun tidak diimunisasi, serta imunisasi itu haram. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa para kader posyandu dan bidan desa aktif dalam melaksanakan tugas nya setiap bulannya. Perkembangan posyandu juga sangat tinggi dengan antusias para ibu balita serta para kader yang keliling disetiap rumah untuk memberitahu jadwal posyandu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saepudin, E., Rizal, E., & Rusman, A. (2017). Peran Posyandu sebagai pusat informasi kesehatan ibu dan anak (Posyandu roles as mothers and children health information center). Record and library journal, 3(2), 201-208.

Alhaqni, Z. P., Auliadin, A., Rasmuri, P., Setiabudi, D. I., & Iswandi, I. (2022). Analisis Implementasi Program Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Gantar Dusun Wagir. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 69-80.

Asriyani, ,. S. (2017). Analisis Pelaksanaan Revitalisasi Posyandu di Wilayah Kerja Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Gayam Sari Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Fadhillah, Harif, Endang Wahyati, Budi Sarwo. 2019. “ Pengaturan Tentang Tenaga Kesehatan dalam Peraturan Perundang-Undangan dan Azas Kepastian Hukumâ€. Jurnal Hukum Kesehatan. 5(1).

Levani ,Yelvi Levani, Aldo Dwi Prastya, Siska Mawaddatunnadila. 2021. “Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Patogenesis, Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapiâ€. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 17(1).

Munawar, E. (2020). Studi Perilaku Masyarakat Aceh Dalam Menghadapi Pandemik Covid-19. The 2nd Seminar on Population, Family and Human Resources, 1–9. https://eprints.latbangdjogja.web.id/147/3/03. KTI POP - Prosiding.pdf

Th. A. Radito. 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmasâ€. Jurnal Ilmu Manajemen. 11(2).

World Health Organization, & Unicef. (2020). Imunisasi Dalam Konteks Pandemi COVID-19. April,

Pokjunal Posyandu, Pedoman Pengelolaan Posyandu Jakarta : Pokjunal Posyandu : 2006

Dodo.D. Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kader dalam Pelaksanaan Kegiatan Posyandu di Kelurahan : Jurnal Pangan, Gizi dan Kesehatan Tahun 1, vol 1, no 1 April 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>