ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH DI SUNGAI BEDADUNG KABUPATEN JEMBER

Syarifah Y Nur Azizah, Sudarti Sudarti

Sari


Permasalahan sampah di Indonesia masih belum terselesaika sampai saat ini. Hal ini dikarenakan kurangnya kepedulian masyarakat terhadap akibat dari membuang sampah sembarangan tanpa diolah terlebih dahulu di sekitar area sungai. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana perilaku masyarakat dalam membuang dan mengelola sampah rumah tangga di bantaran Sungai Bedadung Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data primer menggunakan cara observasi dan wawancara. Sampel dari penelitian ini yaitu 15 masyarakat yang membuang sampah di bantaran Sungai Bedadung. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan didapatkan hasil perilaku masyarakat dalam membuang sampah di bantaran sungai disebabkan karena tidak adanya sarana pembuangan sampah di sekitar bantaran sungai. Hal ini didukung dengan hasil dari wawancara yang menunjukkan bahwa sebanyak 12 warga mengatakan bahwa di sekitar bantaran sungai Bedadung tidak terdapat sarana pembuangan sampah yang memadai.  Selain itu, tidak terdapat pengelolaan sampah organic dan anorganik yang dilakukan di daerah tersebut. Hal ini didasarkan pada hasil wawancara yang dilakukan. Sebanyak 8 dari 15 responden tidak mengelola sampah sebelum dibuang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu faktor yang menyebabkan perilaku masyarakat membuang sampah di Sungai Bedadung yaitu kurangnya sarana dan prasarana pembuangan sampah, kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengelola sampah, serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk menaati larangan membuang sampah di sungai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astina, N., A. Fauzah, dan E. Rahman. 2020. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Rumah Tangga Ke Sungai Di Desa Pamarangan Kanan Kabupaten Tabalong Tahun 2019. MTPH Journal. 4(2): 181-190.

Dobiki, Joflius. 2018. Analisis ketersediaan prasarana persampahan di pulau Komo dan Pulau Kakara di Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Spasial. 5(2): 220-228.

Hasrina, D. dan Yarmaliza. 2022. Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Rumah Tangga Di Sungai Tanggul Desa Kuta Simboling Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Jurmakemas. 2(2): 459-469.

Mahda, R., J. H. Posumah, dan A. Laloma. 2019. Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Di Bantaran Sungai Mantung Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal administrasi publik. 5(67): 84-90.

Marpaung, D.N., Y.N. Iriyanti, dan D. Prayoga. 2022. Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi. PREVENTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 13(1): 47-57.

Mukharomah, E., S. Handaiyani, dan T.F. Wijayanti. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Perilaku Masyarakat Membuang Sampah Di Sungai Musi (Studi Kasus Kelurahan 10 Ulu). Unbara Environment Engineering Journal. 1(1): 1-6.

Norival, A. 2018. Perilaku Masyarakat Di Bagian Tengah Batang Ino Terhadap Sampah Di Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Buana. 2(1): 262-273.

Novita E, Pradana HA, Dwija SP. 2020. Kajian penilaian kualitas air Sungai Bedadung di Kabupaten Jember. JPSL 10(4): 699-714.

Pradana, H. A., S. Wahyuningsih, E. Novita, A. Humayro, dan B. H. Purnomo. Identifikasi Kualitas Air dan Beban Pencemaran Sungai Bedadung diIntake Instalasi Pengolahan Air PDAM Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia. 18(2): 135-143.

Prasetiyo, A.T., D. Notosoedjono, dan Waryani. 2017. Studi Evaluasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantargebang. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro. 1(1): 1-11.

Puspitasari, A. I., E. Novita, H. A. Pradana, B. H. Purnomo, dan T. S. Rini. 2021. Identifikasi Perilaku Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pencemaran Air Sungai Bedadung Di Jember, Jawa Timur. Jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. 5(1): 89-104.

R.T Suhada, dan I. Al-Mahdy. 2017. Analisis Potensi Sampah Sebagai Sumber Energi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Dan Produk Kreatif Untuk Mendukung Pariwisata (Studi Kasus Di Kepulauan Seribu). Jurnal PASTI. 9(3): 245-255.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8202

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>