KUALITAS PELAYANAN DALAM PENERBITAN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA CIREBON
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam penerbitan akta kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi dilapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam penerbitan surat akta kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon sudah diterapkan dimensi Tangibel, Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty. Dan faktor penghambatnya yaitu (1) sumber daya manusia yang kurang (2) sarana dan prasarana yang kurang memadai (3) kesadaran masyarakat, sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya regulasi yang ditetapkan pemerintah yang dianggap fondasi dari apa yang dikerjakan. Faktor pendukung lain adalah adanya fasilitas berupa alat bantu untuk memudahkan proses pelayanan yaitu layanan antrian online via Whatsaapp.
Â
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Bukti langsung, Kehandalan Daya Tanggap, Jaminan dan Empati, Kepuasan Masyarakat, Kinerja Pelayanan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adi, Prastowo. 2004. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Bayumedia Publishing.
Hardiansyah. 2018. Komunikasi Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Garva Media
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garva Media
Pasalong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Istianto. Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mita Wacana Media
Noor, Juliansyah. 2011. Metode Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah cet,. Ke-11. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Moenir, A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitataif dan Kuantitatif (Edisi kedua). Yogyakarta: Erlangga
Mulyadi, Deddy. 2016. Administrasi Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta
Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: UnpadPres
Azwar, Saifuddin. 2015. Metode Penelitian, cet. Ke-16. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Suharsimi. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
W. Gulo. 2007. Metode Penelitian, cet, Ke-7. Jakarta: PT Grasindo
Ali, Zainuddin. 2014. Metode Penelitian Hukum, cet. Ke-5. Jakarta: Sinar Grafika
Perundang-undangan
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 Pasal 13 Tentang Nomor Induk Kependudukan
Peraturan Walikota Cirebon Nomor 4 tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 16 tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kota Cirebon.
Nixon Edwar Samuel Tude, Novie R. Pioh, Welly Waworundeng (2020), Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Volume4 No. 4 Tahun 2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v10i1.7656
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.