Kajian Literatur Hubungan Karakteristik Petani dengan Adopsi Inovasi Budidaya Padi Sawah

wijaya wijaya, Lusia Cipto Astuti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik petani dengan adopsi inovasi budidaya padi sawah. Metode yang digunakan yaitu kajian literatur terhadap jurnal ilmiah tentang hubungan karakteristik petani dengan adopsi inovasi budidaya padi sawah., sedangkan data yang digunakan merupakan data sekunder berupa jurnal hasil penelitian pada Google Scholar yang dipublikasikan dari tahun 2013 sampai 2022, sebanyak 23 jurnal. Berdasarkan kajian publikasi jurnal tersebut disimpulkan bahwa terdapat hubungan posistif yang signifikan antara karakteristik petani (umur, pendidikan formal, luas lahan garapan dan lama berusahatani) dengan adopsi inovasi budidaya padi sawah.

Kata Kunci : Karakteristik Petani, Adopsi, Padi Sawah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adjid, Dudung Abdul, Arintadisastra Sumitro, dan H Rochayat. 2001. Membangun Pertanian Modern. Jakarta: Yayasan Pengembangan Sinar Tani.

Agunggunanto, Edy Yusuf. 2011. Analisis Kemiskinan dan Pendapatan Keluarga Nelayan Kasus di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan 1(1): 50–58.

Amala, Tasnim Ahsanu., Diana Chalil, dan Luhut Sihombing. 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Adopsi Petani Terhadap Sistem Pertanian Padi Organik (Studi Kasus : Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai). Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics 2(3).

Anto, A., dan E.P. Sintha. 2020. Korelasi Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Dengan Tingkat Adopsicombine Harvester Pada Usahatani Padi Lahan Pasang Surut Dikabupaten Pulang Pisau. Jurnal AGRIPEAT 21(1).

Bananiek, Sri, dan Zainal Abidin. 2013. Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Adopsi Teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah Di Sulawesi Tenggara. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian 16(2).

Burano, Rizqha Sepriyanti, dan Ayu Fadillah. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Inovasi Petani Padi Sawah Di Kelurahan Padang Alai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur. MENARA Ilmu XIV(02).

Darwis, Khaeriyah. 2020. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Padi Dengan Tingkat Adopsi Inovasi Sistem Tanam Hazton Di Desa Malalin Kabupaten Enrekang. Agrokompleks 20(2): 28–35.

Destrianah., Bilman Wilman Simanihuruk, dan Satria Utama. 2019. Preferensi Petani Terhadap Budidaya Padi System Of Rice Intensification (SRI) Di Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. NATURALIS – Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 8(2).

Effendy, Lukman., M. Tassim Billah, dan Gilang Pratama. 2020. Preferensi Petani Dalam Penggunaan Teknologi Jajar Legowo Pada Padi Sawah Di Kecamatan Cikedung. Jurnal Inovasi Penelitian 1(3).

Effendy, Lukman, dan Siska Dinia Pratiwi. 2020. Tingkat Adopsi Teknologi Sistem Jajar Legowo Padi Sawah Di Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka. Jurnal Agrica Ekstensia 14(1).

Fatchiya, Anna, dan Siti Amanah. 2016. Penerapan inovasi teknologi pertanian dan hubungannya dengan ketahanan pangan rumah tangga petani. Jurnal Penyuluhan 12(2): 190–97.

Firdaus., Elih Juhdi Muslihat, dan Achmad Musyadar. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Adopsi Sistem Tanam Legowo Usahatani Padi Sawah (Oryza Sativa L.) Di Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Penyuluhan Pertanian 11(1).

Hasyim, Hasman. 2006. Analisis Hubungan Karakteristik Petani Kopi Terhadap Pendapatan (Studi Kasus: Desa Dolok Seribu Kecamatan Paguran Kabupaten Tapanuli Utara). Jurnal Komunikasi Penelitian 18(1): 22–27.

Herlina, Yeni., Mohammad Chozin, dan Atra Romeida. 2019. Adopsi Petani Terhadap Teknologi Jajar Legowo Padi Sawah Di Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma. NATURALIS – Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 8(2).

Iskandar, Elvira., Budi Sawitri, dan Suryani. 2020. Penerapan Teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) pada Usahatani Padi Sawah di Desa Sukaresmi Kabupaten Bogor. Suluh Pembangunan: Journal of Extension and Development 2(1).

Kartasapoetra, A G. 1994. Teknologi penyuluhan pertanian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Managanta, Andri Amaliel., Ridwan, dan Hikma Arsita. 2021. Hubungan Karakteristik Petani dan Dukungan Penyuluh Pertanian Dengan Keputusan Inovasi Varietas Santana Pada Budidaya Padi Sawah. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian 24(2).

Mardliyah, Ainul. 2018. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Dengan Tingkat Adopsi Petani Padi Organik Di Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Wacana Pertanian 14(1): 17–23.

Novita, Sari., Denny Denmar, dan Tri Suratno. 2016. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Petani dengan Tingkat Penerapan Teknologi Usahatani Padi SawahLahan Rawa Lebak di Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Sosio Ekonomika Bisnis 19(1): 1–12.

Nugroho, Oppie Eka Dian., Budianto Budianto, dan Gunawan Gunawan. 2020. Adopsi Inovasi Padi Organik Berbasis Kemitraan di Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) 4(3).

Permana, Yudha., Achmad Musyadar, dan Azhar. 2020. Tingkat Adopsi Petani Dalam Penerapan Teknologi Jajar Legowo Super 2:1 Di Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. Yudha Permana., Achmad Musyadar dan Azhar 1(3).

Permatasari, Ni Ajeng Intan., Eny Lestari, dan Hanifah Ihsaniyati. 2016. Hubungan Antara Karakteristik Petani Dan Sifat Inovasi Dengan Pengambilan Keputusan Penerapan Kembali Budidaya Padi Non Organik (Studi Kasus di Dukuh Tegalrejo Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen). AGRISTA 4(3).

Putri, Febrini Eka., Budi Setia, dan Muhamad Nurdin Yusuf. 2021. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Adopsi Teknologi Jajar Legowo (Studi Kasus pada Anggota Kelompoktani Jayamukti I Desa Karangjaya Kecamatan Karangjaya Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 8(1).

Ridayanti, Reski, dan Bayu Nuswantara. 2019. Hubungan antara Karakteristik Petani, Persepsi Petani dan Tingkat Dukungan Sosial Ekonomi dengan Keputusan Petani Menanam Padi Varietas Ciherang di Desa Rogomulyo Kec. Kaliwungu, Kab. Semarang. Agrika 13(1).

Rogers, Everett M, F Floyd Shoemaker, dan Abdillah Hanafi. 1981. Memasyarakatkan ide-ide baru. Surabaya: Usaha Nasional.

Rojak, Abdul., Achdiyat, dan Soesilo Wibowo. 2018. Persepsi Petani Padi Sawah Pada Cara Tanam Jajar Legowo Di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan Pertanian 13(2).

Romauli, Melfrianti., Lily Fauzia, dan M. Roem S. 2014. Tingkat Adopsi Petani Terhadap Teknologi Pertanian Terpadu Usahatani Padi Organik (Studi Kasus : Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai). Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics 3(1).

Saputri, Desyta Yuvitasari., I Dewa Putu Oka Suardi, dan Ida Ayu Listia Dewi. 2017. Hubungan Faktor Sosial Petani dengan Penerapan Teknologi Budidaya Padi Hibrida di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata 6(3).

Sawitri, Budi., Elvira Iskandar, dan Suryani. 2019. Kompetensi Teknis Petani Padi dalam Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu di Desa Sukaresmi Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Jurnal Agriekstensia 18(2).

Soekartawi. 1994. Agribisnis dan Teori Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

———. 2001. Pengantar Agroindusri. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susilowati, Anik., Lenny Widjayanthi, dan Djoko Soejono. 2017. Dinamika Kelompok Dan Tingkat Adopsi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Padi Pada Kelompok Tani Di Desa Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. JSEP 10(3).

Wahyuni, Sri., Zulvera., Heri Bachrizal Tanjung, dan Ernita Arif. 2019. Hubungan Karakteristik Inovasi dan Kearifan Lokal terhadap Keberlanjutan Penerapan Teknologi Padi Salibu di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jurnal Penyuluhan 15(1).

Wardana, dan Siti Elfira. 2018. Hubungan Karakteristik Inovasi Dengan Tingkat Adopsi Petani Terhadap Komponen Pengendalian Hama Terpadu (PHT) Padi Sawah Di Desa Wakangka Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton. Media Agribisnis 2(1).

Wiriaatmadja, Soekandar. 1973. Pokok-pokok penyuluhan pertanian. CV Yasaguna.

Wongkar, Defry Kristian Rai., Welson M. Wangke, Agnes E Loho, dan Melissa L. G. Tarore. 2016. Hubungan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Petani Dan Tingkat Adopsi Inovasi Budidaya Padi Di Desa Kembang Mertha, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow. Agri-sosioekonomi 12(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v5i2.7833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>