Analisis Deskriptif Proses Keputusan Pembelian, Preferensi Dan Sikap Konsumen Terhadap Beras Hitam Di Kota Cirebon

Amran Jaenudin, Ida Setya Wahyu Atmaja, Martini Vita Amaliyah

Sari


ABSTRAK

 

Beras hitam mulai populer dan dikonsumsi oleh sebagian masyarakat sebagai bahan pangan fungsional karena secara alami atau melalui proses tertentu mengandung satu atau lebih senyawa yang dianggap mempunyai fungsi fisiologis yang bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses keputusan, preferensi dan sikap konsumen dalam pembelian beras hitam di Kota Cirebon. Pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling dengan teknik wawancara. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara langsung kepada konsumen beras hitam dengan menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder berupa literature, jurnal atau sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian melalui tahap pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan membeli, dan perilaku pasca pembelian Mayoritas responden memilih mengkonsumsi beras hitam untuk kesehatan mereka dan media social merupakan sumber referensi utama untuk mendapatkan informasi tentang beras hitam. Sikap konsumen terhadap beras hitam sangat positif untuk pola hidup sehat mereka kedepannya.

 

Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Preferensi, Sikap Konsumen, Beras Hitam


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Azany, F. (2014). Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio. 1–77.

Badan Pusat Statistika. (2019). KONSUMSI BAHAN POKOK 2019 ( dan P. Direktorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi (ed.)). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2021/11/25/68b1b04ce68c7d6a1c564165/konsumsi-bahan-pokok-2019.html

Fajarani, E., Wildayana, E., & Putri, N. E. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik di Supermarket Diamond Kota Palembang. KaliAgri, 2(1), 38–50.

Firdaus, M. J., Purwoko, B. S., Dewi, I. S., & Suwarno, B. (2022). Karakterisasi Fisikokimia Beras Galur-galur Padi Hitam Dihaploid Physicochemical Characterization of Doubled Haploid Black Rice Lines. 50(April), 1–9.

Jecky, J., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 5(2), 307. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10199

Kereh, B. C., Mayulu, N., Kawengian, S. E., Skripsi, K., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2015). Gambaran Kandungan Zat- Zat Gizi Pada Beras Hitam ( Oryza Sativa L .) Varietas Enrekang Bagian Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi membutuhkan dan mengkonsumsi berbagai Termasuk dalam memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan pertumbuh. 1–7.

Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284

Kusumawati, F.A, K. dan R. K. A. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Beras Delanggu Oleh Rumah Tangga Di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten. Jurnal Agrista, 9(3), 96–106.

Pujiasmanto, B., Sutarno, S., Nandariyah, N., Suharyana, S., & Riyatun, R. (2021). Padi Hitam: Manfaat, Resep Makanan Beras Hitam, dan Riset Padi Hitam yang Diradiasi Sinar Gamma. Yayasan Kita Menulis.

Purwanto, E., Hidayati, W., & Nandariyah. (2018). The yield and quality of black rice varieties in different altitude. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 142(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/142/1/012037

Rochaeni, S. (2013). Analisis Persepsi, Kesadaran, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Buah Lokal. Agribusiness Journal, 7(1), 91–104. https://doi.org/10.15408/aj.v7i1.5172

Setiadi, N. J., & SE, M. M. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Ketiga, Vol. 3). Prenada Media.

Sudarwati, S. (2020). Prospek Pengembangan Beras Hitam Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Kesiapan Sumber Daya Pertanian Dan Inovasi Spesifik Lokasi Memasuki Era Industri 4.0, 1(1), 508–512.

Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Sumarwan, U., Noviandi, A., & Kirbrandoko. (2013). Analisis Proses Keputusan Pembelian, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Beras Organik di Jabotabek. Pangan, 22(2), 19–35.

Utami, D. W., Ilhami, A., & Hanarida, I. (2010). SIDIK JARI DNA PLASMA NUTFAH PADI LOKAL MENGGUNAKAN MARKA MOLEKULER SPESIFIK UNTUK SIFAT PADI BERAS MERAH. Berita Biologi, 10(2), 143–150.

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v5i1.7487

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>