Perbandingan Beberapa Minyak Goreng Kemasan Berdasarkan Ekuitas Merek dan Mutu Sensori di Kabupaten Subang

Laras Sirly Safitri, Irna Dwi Destiana

Sari


Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Peraturan kemasan pada produk minyak goreng menimbulkan persaingan yang ketat pada industri minyak goreng kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ekuitas merek dan mutu sensori dari minyak goreng kemasan merek Bimoli, Filma, dan Sania. Ekuitas merek dianalisis berdasarkan elemen-elemennya, yaitu analisis brand awareness secara deskriptif, analisis brand association dengan uji Cohcran, analisis perceived quality dengan semanctic differential scala; dan analisis brand loyalty dengan piramida loyalitas. Mutu sensori diukur dengan uji ranking, kemudian diolah secara deskriptif dengan nilai modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimoli merupakan minyak goreng kemasan dengan ekuitas merek tertinggi berdasarkan brand awareness, perceived quality, dan brand loyalty. Sementara berdasarkan mutu sensori, minyak goreng merek Sania menempati ranking pertama dengan persentase masing-masing atribut sebesar 48,33 persen (warna); 50,00 persen (kejernihan); 40,83 persen (bau); dan 48,33 persen (tekstur).

 

Kata kunci: Kekuatan Merek, Minyak Goreng Sawit, Uji Ranking


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adyanie, N. D. (2019). Analisis Ekuitas Merek Minyak Goreng dalam Kemasan Merek Bimoli, Tropical dan Sania (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Sukabumi, Jawa Barat). Institut Pertanian Bogor.

Afriyanti, D. (2022). Dampak Kenaikan Harga Minyak Goreng Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kota Pekanbaru. Jurnal Khazanah Ulum Perbankan Syariah (Jkups), 6(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.56184/Jkupsjournal.V6i1.151

Badan Pusat Statistik. (2021). Rata-Rata Konsumsi Per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2021. Publikasi Statistik Indonesia. Https://Www.Bps.Go.Id/Statictable/2014/09/08/950/Rata-Rata-Konsumsi-Per-Kapita-Seminggubeberapa-Macam-Bahan-Makanan-Penting-2007-2021.Html

Frontier Group. (2021). Top Brand Index. Https://Www.Topbrand-Award.Com/Top-Brand-Index/

Haryanti, R., Karwur, F., Lewerrisa, K., & Ranimpi, Y. Y. (2014). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Warna Minyak Goreng di Salatiga. 3rd Economics & Business Research Festival, 257–266.

Herlangga, F., Kusnandar, & Setyowati, N. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Minyak Goreng di Kota Surakarta. Agrista, 3(3).

Koagouw, G. (2021). Pengaruh Persepsi Kualitas dan Kesadaran Merek Tang Berdampak Pada Ekuitas Merek PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening [Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis]. Http://Library.Kalbis.Ac.Id/Library/Index.Php?P=Show_Detail&Id=21427&Keywords=Persepsi+Kualit%0aas

Kurniasih, T., Fadilah, L., & Suindrijah. (2021). Distribusi Perdagangan Komoditas Minyak Goreng Indonesia 2021.

Levens, M. (2010). Marketing: Defined, Explained, Applied. New Jersey: Pearson Education Inc. As Prentice Hall.

Magdalena, S. (2019). Sikap dan Perilaku Belanja Konsumen Minyak Goreng Kemasan di Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Jurnal Agribisnis, 21(1), 36–48. Https://Doi.Org/10.31849/Agr.V21i1.2570

Nainggolan, B., Susanti, N., & Juniar, A. (2016). Uji Kelayakan Minyak Goreng Curah dan Kemasan yang Digunakan Menggoreng Secara Berulang. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1).

Nasution, A. (2021). Panic Buying Masyarakat Terhadap Kenaikan Harga dan Kelangkaan Minyak Goreng di Kota Medan Denai. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2).

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Subang Tahun 2018 - 2023. Http://Bappeda.Jabarprov.Go.Id/?S=Rpjmd+Subang

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 - 2023. Https://Jdih.Jabarprov.Go.Id/Page/Eksekusi_Download/Rpjmd-2018-2023.Pdf

Tanaem, Gracia, M., & Ernah, D. (2021). Perilaku Konsumen Minyak Goreng Sawit Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bandung Jawa Barat. Agritech, 23(1).

Tarigan, G. F. J. (2021). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Minyak Goreng Kemasan Bimoli (Studi Kasus : Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Kecamatan Medan Baru). Agriprimatech, 4(2), 57–64. Https://Doi.Org/10.34012/Agriprimatech.V4i2.1703

Tarwendah, I. P. (2017). Jurnal Review: Studi Komparasi Atribut Sensoris dan Kesadaran Merek Produk Pangan. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 5(2).

Wijayanto, G. (2014). Analisis Tingkatan Brand Loyalty Pada Pemakai Minyak Goreng Merek Bimoli di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 22(1), 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v5i1.7451

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##