Kesadaran Merek dan Atribut Mutu Sensori Minuman Teh dalam Kemasan

Laras Sirly Safitri, Desy Triastuti

Sari


Teh merupakan minuman yang dikonsumsi secara luas di masyarakat. Berbagai rasa dan merek minuman teh dalam kemasan membuat pilihan konsumen semakin beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran merek dan mutu sensori pada beberapa minuman teh dalam kemasan. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis kesadaran merek minuman teh dalam kemasan yang beredar di pasaran berdasarkan piramida kesadaran merek serta uji ranking untuk pengujian sensori terhadap Teh Pucuk Harum, Ultra Teh Kotak, dan Frestea. Data uji ranking dianalisis menggunakan sidik ragam dan dilanjutkan dengan Uji Least Significant Difference (LSD) pada taraf 1%. Teh Pucuk Harum paling banyak berada pada puncak pikiran (top of mind), Ultra Teh Kotak menjadi brand recall terbanyak, brand recognition tertinggi adalah Frestea, dan pada kategori brand unware, responden mengenal merek Teh Pucuk Harum, Ultra Teh Kotak, dan Frestea dengan baik. Secara keseluruhan, piramida kesadaran merek Teh Pucuk Harum paling mendekati ideal. Hasil pengujian sensori menunjukkan panelis menyukai warna Teh Pucuk Harum (0,460), tingkat kejernihan Ultra Teh Kotak (0,602), dan tingkat kemanisan Teh Pucuk Harum (0,213) dan Ultra Teh Kotak (0,213).

 

Kata kunci: Kesadaran Merek, Minuman Teh Komersial, Mutu Sensori


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahdiany, DF. 2021. Pengaruh E-WOM dan kesadaran merek terhadap minat beli konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Hal. 31 – 41. Proceeding of 5th National Conference on Accounting & Finance (NCAF). Yogyakarta 29 – 30 September 2021.

Arifin, MZ., S. Maharani, SI. Widiaputri. 2020. Uji Sifat Fisiko Kimia dan Organoleptik Minuman Yoghurt Ngeboon Panorama Indonesia. EDUFORTECH 5(1): 69 – 78.

Artiningsih, AT., Ridawati. 2013. Hubungan kadar gula dan nilai pH dengan kualitas organoleptik minuman teh dalam kemasan di Jakarta Timur. Hal. 611 – 616. Prosiding Menggali Potensi Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Masyarakat yang Kompetitif dan Berkarakter. Jakarta 16 September 2013.

Balaghi S., E. Faramarzi, R. Mahdavi, J. Ghaemmaghami. 2011. Fluids Intake and Beverage Consumption Pattern among University Collegers. Health Promot Perspect 1(1): 54 – 61.

BPS. 2020. Statistik Teh Indonesia 2019. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

DSN. 1992. Standar Nasional Indonesia Minuman Teh dalam Kemasan (SNI 01-3143-1992). https://dokumen.tips/documents/sni-01-3143-1992-minuman-teh.html [22 Februari 2022].

Fatima, S., Masriani, Idrus. 2020. Pengaruh Penambahan Bubuk Jahe Merah terhadap Organoleptik Teh Celup Daun Kelor (Moringa oleifera). Jurnal Pengolahan Pangan 5 (2): 42-47.

Frontier Group. 2021. Top Brand Index. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ [30 Januari 2022].

Hesty, F. 2018. Pengaruh Keasadaran Merek, Citra Merek, dan Hubungan Merek terhadap Ekuitas Merek Oppo Smartphone. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Indah, H. 2015. Studi Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Produk Teh Botol Sosro di Bandar Lampung. Jurnal Magister Manajemen 01(1): 102 – 115.

Mutmainah, N., S. Chadijah, M. Qaddafi. 2018. Penentuan Suhu dan Waktu Optimum Penyeduhan Batang Teh Hijau (Camelia sinensis L.) terhadap Kandungan Antioksidan Kafein, Tanin, dan Katekin. Lantanida Journal, Vol. 6(1): 1-102.

Nasir, A. L. Sari, F. Hidayat. 2020. Pemanfaatan Kulit Buah Naga (Hylocereus polyrhizus) sebagai Bahan Baku Pembuatan Teh Celup Herbal dengan Penambahan Kayu Manis (Cinnamons lumbini L). Serambi Saintia Jurnal Sains dan Aplikasi 8(1): 1 – 14.

RADAR dePlantation. 2021. Prioritas Kebijakan Komoditas Teh Untuk Penyelamatan Perkebunan Teh Nasional. https://deplantation.com/wp-content/uploads/2021/01/RADAR-Vol02-No02-Februari-2021.pdf [30 Januari 2022].

Ramadhani, F., U. Barokah, J. Sutrisno. 2020. Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Teh di Kabupaten Sukoharjo. Agrisaintifika Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian 4(1): 21 – 29.

Setyaningsih, D., A. Apriyantono, MP. Sari. 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Agro. IPB Press. Bogor.

Sianturi, LY. Analisis Preferensi Konsumen terhadap Minuman Teh dalam Kemasan (Ready to Drink) di Kota Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Susila, B., U. Sumarwan, Kirbrandoko. 2014. Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Brand Switching Behavior Minuman Teh dalam Kemasan. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 7(3): 193 – 201.

Tarwendah, IP. 2017. Jurnal Review: Studi Komparasi Sensoris dan Kesadaran Merek Produk Pangan. Jurnal Pangan dan Agroindustri 5(02): 66 – 73.

Warpindyastuti, LD., YM. Aprita, H. Apriyani, Hardani. 2021. Analisis Brand Awareness dan Brand Association pada Merek Minuman Haus!. Jurnal Ekonomi KIAT 32(2): 31 – 39.

Wijaya, IPS., IGAK. Giantari. 2018. Analisis Elemen-elemen Brand Equity pada Produk Minuman Teh dalam Kemasan di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud 7(3): 1339 – 1367




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v5i1.6797

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>