Analisis Usahatani Jagung Pipilan Berdasarkan Status Penguasaan Lahan di Desa Babakanloa Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut

Nur Intan Lestari, Wahid Erawan, Fitri Awaliyah, Tintin Febrianti

Sari


ABSTRAK

 

Tanaman Jagung Pipilan merupakan komoditas tanaman pangan unggulan di Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usahatani jagung pipilan berdasarkan status penguasaan lahan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Babakanloa Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut pada bulan Oktober sampai November 2021. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan persentase pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi, sehingga diperoleh sampel petani pemilik 18 orang, dan petani penyakap 18 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menganalisis biaya produksi usahatani, penerimaan, pendapatan, dan kelayakan usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata total biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani pemilik sebesar Rp 19.210.239/Ha/Musim Tanam, sedangkan petani penyakap sebesar Rp. 11.145.867/Ha/Musim Tanam. Sistem bagi hasil usahatani jagung pipilan di daerah penelitian untuk petani penyakap adalah 50% dari hasil keseluruhan hasil produksi. Usahatani jagung pipilan yang dijalankan oleh petani pemilik dan petani penyakap layak untuk diusahakan dengan rata-rata nilai R/C rasio sebesar 1,6 untuk petani pemilik, dan nilai R/C rasio sebesar 1,3 untuk petani penyakap.

 

Kata kunci: Analisis Usahatani, Jagung Pipilan, Status Penguasaan Lahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Apriani, A., Soetoro, dan Yusuf, M. 2016. Analisis Usahatani Jagung (Zea Mays L) (Studi Kasus Di Desa Pancawangi Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 2(3):145-150.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian.

Rineka Cipta. Jakarta.

Fitriah, C., Widyawati, dan Sofyan. 2018. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Berdasarkan Status Peguasaan Lahan Sawah Irigasi Di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. JIM Pertanian Unsyiah 3(4):429–441.

Soekartawi. 2016. Analisis Usahatani. UI-Press. Jakarta

Suratiyah, K. 2020. Ilmu Usahatani Cetakan 3. Penebar Swadaya. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v4i2.6792

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>