ANALISIS EKONOMI PENDAPATAN USAHA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elais gueneensis J) DESA SUKOMULYO KECAMATAN SEPAKU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Nella Naomi Duakajui, Firda Juita, Iqbal Eka Anshori

Sari


ABSTRAK

Sektor pertanian saat ini menjadi sektor penting di bidang ekonomi Indonesia. Indonesia  penduduknya lebih dominan memilih pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga diperlukan adanya pembangunan secara nasional yang tumpuannya pada pembangunan sektor pertanian. Sektor perkebunan memiliki peluang  cukup besar untuk menjadi prioritas. Sektor perkebunan yang dimiliki besar sumbangsihnya dalam meningkatkan  pendapatan petani serta penyediaan bahan baku dalam industri sebagai sumber devisa Negara. Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang mempunyai peran penting bagi subsektor perkebunan. Pengembangan kelapa sawit antara lain memberi manfaat dalam peningkatan pendapatan petani dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usaha perkebunan  kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukomulyo Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara Oktober sampai Desember 2019. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah (Purposive Sampling).  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penerimaan  untuk usahatani yang dikembangkan dalam usaha perkebunan kelapa sawit dengan luas lahan rata-rata yakni 3 hektar, harga TBS Rp 1.100,00 adalah sebesar Rp70.723.146,00 tahun-1, sedangkan total biaya rata-rata  adalah sebesar Rp35.352.867,00 tahun-1,  total pendapatan yang dihasilkan yakni Rp35.370.279,00,00 tahun-1. Revenue/Cost Ratio yang dihasilkan yakni 2,00 maksudnya usaha perkebunan  kelapa sawit dikategorikan  untung.

Kata Kunci: Analisis, pendapatan, usaha,  perkebunan, kelapa sawit 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pndekatan Proposal. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik 2018. Badan Pusat Kecamatan dalam angka. Badan Pusat Statistik Penajam Paser Utara

Fauzi, Yan dkk. 2007. Kelapa Sawit: Budidaya, Pemanfaatan Hasil & Limbah dan Analisis Usaha & Pemasaran. Penebar Swadaya, Jakarta

Jesi Amalia 2014. Analisis Pendapatan Usahatani Kelapa Sawit di Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Junaidi. 2016. Analisis Pendapatan Usahatani Kelapa Sawit Di Desa Panton Pange Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitras Teuku Umar Meulaboh Aceh Barat, Aceh.

.

Pahan. 1.2008.Panduan Lengkap Kelapa Sawit: Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir. Penebar Swadaya.

Sadono, Sukirno. 2002, Pengantar Teori Mikroekonomi, edisi kedua Rajawali Pers, Jakarta.

Suroto, 2000. Strategi pembangunan dan perencanaan kesempatan kerja. Yogyakarta : Gajah Mada University.

Soekartiwi, 2001. Prinsip dasar ekonomi pertanian : Teori dan Aplikasi. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Soeharjo. A dan Dahlan Patong. 1973. Sendi-sendi pokok ilmu Usahatani Dapartemen Sosial Ekonomi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Hansen, Don R Dan Maryanne M. Mowen (2006). Akutansi Manajemen. Buku 2. Erlangga.

M.Nafarin.2009. Penganggaran Perusahaan. Penerbit Salemba4. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v4i2.6790

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>