Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Blended Learning Materi Program Linear

Rizka Syifa, Hapizah Hapizah, Ely Susanti, Budi Mulyono, Cecep Anwar Hadi

Sari


Abstrak. Kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat penting untuk dikembangkan dan dikuasai karena berkaitan dengan penyelesaian masalah secara rasional, logis, dan sistematis. Beberapa penelitian menyatakan kemampuan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah pada materi program linear dua variabel. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan pembelajaran yang inovatif seperti blended learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui implementasi blended learning pada materi program linear dua variabel di kelas XI. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di salah satu SMA Negeri Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket, tes tertulis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa indikator kemampuan berpikir kritis yang banyak muncul adalah memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, serta menentukan strategi dan taktik. Sedangkan indikator kemampuan berpikir kritis yang sedikit muncul adalah memberikan penjelasan lebih lanjut. 

Kata Kunci:  Blended Learning, Kemampuan Berpikir Kritis,Program Linear Dua Variabel.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, I., Rochmad, R., & Permanawati, F. I. (2019). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 337-342.

Amarila, R. S., Subali, B., & Saptono, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan. IMPROVEMENT Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 82-91. https://doi.org/10.21009/Improvement.081.07.

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468.

Apriani, W. (2020). Efektivitas Blended Learning Berbantuan SPSS terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 12-16. https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.112.

Ardiyanti, F., & Nuroso, H. (2021). Analisis Tingkat Keterampilan Berikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya 4(1), 21-26. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.945.

Carroll, J. B. (1989). The Carroll Model: A 25-Year Retrospective and Prospective View. Educational Researcher, 18(1), 26-31.

Chaeruman, U. A. (2013). Merancang model blended learning. Jurnal teknodik., 17(4), 399-409. http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.577.

Ennis, R. H. (2011). The Natural of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Last Revised. Illinois: University of Illinois.

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California: Insight Assessment a Division of California Academic Press.

Fahrilianti, I. W. (2020). Analisis Hambatan Belajar Peserta Didik pada Materi Program Linear. Jumlahku: Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.747.

Fariska, R., & Erman, E. (2017). Blended Learning untuk Meningkatkan Level Kemampuan Berpikir Kritis. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 5(2), 60-66.

Fikri, F. N., Mardiyana, M., & Kuswardi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Facione Pada Materi Program Linear ditinjau dari Minat Belajar Siswa kelas XI MAN Purwodadi Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(2), 20-36.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Selfconfidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA Di Bogor Timur. JPPM, 10(2), 157-168. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040.

Jalinus, N., Verawardina, U., & Krismadinata, K. (2020). Buku Model Flipped Blended Learning. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Khotimah, S. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Purwokerto Ditinjau dari Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 5(2), 19-24. https://doi.org/10.26877/ep.v5i2.7134.

Listiani, W. O., Kadir, & Ruslan, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 67-77. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v8i1.5932.

Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13-25. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566.

Marito, W., & Riani, N. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa UPMI pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 223-233. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1073 .

Maya, F. A., Sari, I. K., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis Matematik Peserta Didik SMK pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovaif, 2(4), 167-169. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p167-176.

Ningsih, W. S. A., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85-93. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.16.

Nugraha, D. G A. P., Astawa, I. W., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kelancaran Prosedur Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6(1), 75-86. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074.

Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197-202. https://doi.org/10.21009/1.03211.

Permendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah. Jakarta: Permendikbud.

Rafflesia, U., & Widodo, F. H. (2014). Pemrograman Linear. Bengkulu: Badan Penerbitan Fakultas Pertanian UNIB.

Raudhah, S., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2019) Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLTV di SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 271-283. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i7.33837.

Suana, W., Raviany, M., & Sesunan, F. (2019). Blended Learning Berbantuan Whatsapp: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 37-45. http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2.4990.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2), 48-58. http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 605—612.

Ulva, E. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Negeri pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 944-952. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.73.

Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan, 7(1), 30-44. https://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44.

Wiliawanto, W. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta Didik SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 136-145. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.86.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>