Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Arie Indra Gunawan, Imas Amaliyah

Sari


Pembelajaran di sekolah hingga saat ini masih kurang menuntut siswa untuk mengembangkan kemampuan kognitif analisis, siswa cenderung dilatih untuk menjawab soal dengan menghafal, sehingga keaktifan dan daya pikir tingkat tinggi seperti kemampuan kognitif analisis kurang berkembang, maka dalam pembelajaran perlu menerapkan model pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa yang belajar menggunakan pendekatan saintifik model pembelajaran inkuiri dan perbedaan kemampuan analisis siswa yang menggunakan pendekatan saintifik model pembelajaran inkuri dengan model pembelajaran yang konvensional pada mata pelajaran ekonomi.

Berdasarkan pengolahan hasil angket siswa pada kelas eksperimen, secara umum siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan pendekatan saintifik model pembelajaran inkuiri. Sedangkan, untuk hasil posstest pada uji t dua sampel independen (Independent Sample T Test) kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui bahwa nilai thitung = 8,42, diperoleh ttabel = 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 diterima dan H1 ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan analisis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.. Dimana rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,00 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 68,95. Jadi, simpulan penelitian ini adalah respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model pembelajaran inkuiri baik, serta kemampuan analisis kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

 

Kata   Kunci:   Penelitian   Kuasi   Eksperimen,   Pendekatan   Saintifik   Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Analisis



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anderson Lorin W dan David R Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaan, Asessmen. Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Darmadi, Hamid. (2011). MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Ghazali, Imam. (2008). Desain Penelitian Eksperimental. Semarang: Badan Peneribit Universitas Diponegoro

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum

Bandung: Ghalia Indonesia Jihad, Asep. dan Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Multimedia

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sudjana. (2012). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sundayana, Rostina. (2014).Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sunaryo, Wowo. (2011). Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Rosda

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim Prima Pena. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Gita Media

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group

Agustanti, TH. (2012). Implementasi Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. [Online]. Tersedia: www.e- jurnal.com/2016/05/implementa

si-metode-inquiry-untuk.html

November 2015]

Apriyani, Uni. Poerwati Jenny IS.

dan Karsono. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pehaman Konsep Bantuan. [Online]. Tersedia: ejournal.unesa.ac.id/index.php/j urnal-penelitian- pgsd/article/view/2127 [25

November 2015]

Permendiknas No 23 tahun 2006

Tersedia: www.slideshare.net/muhamadbh asor/skl-permendiknas-no-23- tahun-2006 [12 Januari 2016]




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.1071

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>