Ragam Implikatur Percakapan Bahasa Indonesia Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Cirebon

Khalimi Romansyah

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ragam bentuk dan makna implikatur percakapan bahasa Indonesia antar guru sekolah dasar di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang sumber datanya yaitu dokumen dan peristiwa tutur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teori. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 peristiwa tutur yang terdiri atas 55 tuturan dalam bentuk percakapan antar guru sekolah dasar di Kabupaten Cirebon, terdapat 9 tuturanĀ  mengandung bentuk implikatur percakapan umum, 2 tuturan mengandung bentuk implikatur percakapan khusus, dan 2 tuturan mengandung bentuk implikatur percakapan berskala. Adapun ragam makna implikatur percakapannya, antara lain: mengajak, menolak, memberi tahu, menyuruh (memerintah), menjelaskan, dan mengingatkan.

Kata kunci: Ragam implikatur percakapan, Bahasa Indonesia, guru SD, Kabupaten Cirebon.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, Ida A.P.N.W. Rasna, I Wayan dan Wisudariani, Ni Made R. (2016). Implikatur pada Iklan Layanan Masyarakat. Jurnal Undiksha Vol.4, No 2, 2016. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/7867

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. (2004). Sosiolunguistik. Jakarta. Rineka Cipta.

Cummings, L. (2005). Pragmatic. A Multidisciplinarry Prespective. New York: Endinburgh University Press.

Djajasudarma, T. Fatimah. (2016). Wacana. Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama.

Purwanti, Made N., Artika, I Wayan, dan Indriani, Made S. (2016). Analisis Implikatur Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini dan Peran Implikatur Bagi Komunikasi Sastra. Jurnal Undiksha, Vol. 5, No. 3, 2016.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/8685

Putrayasa, I.B. (2014) Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Romansyah, Khalimi. (2021) Tinjauan Pragmatis Tuturan Bahasa Indonesia Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Cirebon. Jurnal Diglosia, Vol.5, No.2,2021.

https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/3215

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabeta.

Suryani, Kadek D.,Artawan, Gede, dan Darmayanti, Ida A.M. (2019). Analisis Implikatur Naskah Drama Cupak Tanah Karya Putu Satria Kusuma dan Peranannya dalam Pembelajaran Teks Drama Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Sukasada.Jurnal Undiksha, Vol.9, No. 1, 2019.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/20305/12751

Wijana, I Dewa Putu. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i1.6185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>