Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Cirebon

Jairoh Rakmawati, Dina Pratiwi Dwi Santi, Khomarruzaman Khomarruzaman

Sari


Abstrak. Dalam kegiatan penelitian, peneliti menemukan permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di kelas salah satunya, yaitu tentang karakter siswa disiplin, bertanggung jawab dan percaya diri masih rendah sehingga masih banyak siswa yang kurang baik dalam menerapkan karakter tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter yang ada di sekolah tersebut untuk diimplementasikan dalam lingkungan sekolah ataupun di lingkungan sehari-hari yang digunakan sebagai tempat sosialisasi siswa, yang mengacu pada pembelajaran kurikulum 2013 yang mewajibkan pendidikan karakter selama kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan angket terbuka menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa kelas IV di SDN Karang Jalak 1 Kota Cirebon sudah berkarakter dengan baik.

Kata Kunci: Karakter disiplin, tanggung jawab dan percaya diri.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, M. (2011). Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Alfian, B. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Nilai Tanggung Jawab Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Di Kelas I Dan IV SD Negeri Percobaan 3. Jurnal pendidikan karakter, 4 (07), 08.

Asyiah, N., & Sunanto, L. (2014, December). Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter Pada “Kurikulum 2013” Menggunakan Strategi 3m Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik (p. 156). UPI Sumedang Press.

Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57-76.

Husna, S. F., Mukhtar, E., & Mahmud, C. (2015). Dinamika Populasi dan Sampel Anakan Pohon Klimaks Calophyllum soulattri Burm dan Swintonia schwenkii T. &B Di Hutan Bukit Pinang-Pinang. Jurnal Biologi Universitas Andalas, 77.

Khusniati, M. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Lickona. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Mulyaningsih, I. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri Prembulan Galur Kulon Progo. BASIC EDUCATION, 4(11).

Nana. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 3(2), 215-227.

Pangestika, S. (2018). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran IPA. BASIC EDUCATION, 7(10), 965-974.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: teori dan aplikasi. RajaGrafindo Persada.

Salahudin. (2015). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin pada Anak di Keluarga Single Parent (Studi Kasus di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Samani. (2015). Implementasi Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Mahassiswa Aktivis HMPS Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Muhamadiyah Purwoketo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kualitatif. Jakarta : PT Raja grafindo persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.4321

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.