BAHAN AJAR EBOOK TEKS CERPEN UNTUK SMA

Adithia Syahbana, Sobihah Rasyad, Elin Rosmaya

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini membahas tentang kajian ebook teks cerita pendek sebagai bahan ajar alternatif digital untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian ini mengacu pada metode ADDIE yang bertujuan untuk membuat dan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa buku teks digital atau ebook cerita pendek dan implementasinya sebagai bahan ajar alternatif digital. Buku teks digital atau ebook yang telah disusun, selanjutnya divalidasi oleh dua dosen ahli dan dua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Masing-masing menunjukkan nilai 92,9% untuk hasil validasi dosen ahli 1, nilai 93,1% untuk hasil validasi dosen ahli 2, nilai 97,8% untuk hasil validasi guru mata pelajaran 1, dan nilai 92,3% untuk hasil validasi guru mata pelajaran 2. Persentase tersebut menunjukkan kriteria kelayakan sangat valid. Dengan demikian, buku teks digital atau ebook cerita pendek untuk siswa kelas XI SMA layak digunakan.

Keywords


Buku teks digital, ebook, bahan ajar, cerpen

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Majid, A. (2013). Perencanaan dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Munif, dkk (2013). Simulasi Digital Jilid 2. Jakarta: Kemendikbud.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Purba, A. (2010). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rozak, A. & Rasyad, S. (2016). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Framepublishing.

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Lampung: Garudhawaca




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i2.5777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 elin rosmaya
execute(); ?>