ANALISIS NILAI EDUKASI DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS NOVEL DI SMA

Rendi Suhendra, Hesti Muliawati, Sobihah Rasyad

Sari


Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Materi teks novel kelas XII SMA pada Kurikulum 2013 Revisi membutuhkan bahan ajar pendamping untuk memenuhi kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pendalaman  materi dan contoh teks yang kurang beragam sehingga membutuhkan bahan ajar pendamping khususnya pada materi teks novel yang sesuai dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat bahan ajar subbab buku teks novel untuk kelas XII SMA. Nilai-nilali edukasi yang telah dianalisis penulis dalam teks novel berjudul Ayah karya Andrea Hirata djadikan materi penyusunan bahan ajar subbab buku teks novel. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh penimbang ahli mendapatkan hasil sebesar 98,43 dengan kriteria sangat valid. Uji coba bahan ajar subbab buku teks novel dilakukan kepada 10 peserta didik kelas XII SMA untuk mengetahui respons terhadap penggunaannya dalam pembelajaran di sekolah. Uji coba tersebut mendapat hasil 94,25 dengan kriteria sangat valid. Dari hasil validasi dan ujicoba yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa bahan ajar subbab buku teks novel layak digunakan sebagai bahan ajar pendamping dalam kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya dalam materi teks novel.


Kata Kunci


analisis, bahan ajar, subbab buku teks, teks novel

Teks Lengkap:

XML

Referensi


Abidin, Y.2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

A. Teeuw. 2013. Pengantar Teori Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Fajarianto, O., Muslim, S., & Ibrahim, N. (2020). Development of hyper content learning model for character education in elementary school children. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I7/PR270830

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hirata, A. 2015. Ayah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Komalasari. K. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edomedia.

Kurniasih, I. & Sani, B. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks

Pelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Majid, A. 2013. Perencanaan dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rostini, D., Wijanarko, D. S., Fajarianto, O., Ratnawati, E., Siswoyo, M., & Harsono, Y. (2019). Innovation education character based on management learning at junior high school. International Journal of Recent Technology and Engineering.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) Bandung: Alfabeta.

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Diandra Kreatif.

Wicaksono. A. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Widodo, A. 2014. Nilai Edukasi dalam Novel Sunset Bersama Rodie Karya Tere Lliye: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelejaran Sastra di SMA. Dalam jurnal.

Yanuri. 2014. Tinjauan Struktural dan Nilai Pendidikan Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye. Dalam jurnal.

Zakiyah & Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v9i1.3637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##