PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X

Sri Wahyuni Lutfiyatul Yaqin, Abdul Rozak, Hesti Muliawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan desain media pembelajaran berbasis aplikasi YouTube pada pembelajaran teks anekdot pada siswa kelas X. Menjelaskan bagaimana hasil validasi media pembelajaran berbasis aplikasi YouTube pada pembelajaran teks anekdot pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini diawali dengan studi kelayakan media pembelajaran YouTube dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang ditinjau oleh guru Pendidikan Bahasa Indonesia di SMKN 1 Kedawung serta dosen ahli RPP dan media. Penelitian menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) model ADDIE yang tahapannya dibatasi sampai pada studi kelayakan model. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, angket (kuesioner), dan studi dokumentasi. Mengambil sampel sebanyak 3 responden terdiri dari guru SMK, dosen ahli media, dan dosen ahli RPP. Analisis data menggunakan teknik campuran yaitu teknik analisis deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian desain media pembelajaran YouTube dengan aspek yang meliputi; aspek materi (kesesuaian materi dengan KD, kesesuaian materi dengan tujuan, materi dikemas dengan menarik, materi dapat dipahami, teks dalam video dapat terbaca), aspek tampilan (memudahkan dalam belajar, tampilan menarik, ketepatan background, keserasian warna tulisan dengan background, warna teks, jenis dan ukuran huruf, tata letak gambar, drasi, pemilihan animasi, animasi menarik), dan aspek bahasa (bahasa mudah dipahami dan bahasa yang digunakan efektif) yang dilengkapi dengan struktur Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), layak untuk diuji cobakan dalam pembelajaran tema anekdot pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang sekolah menengah atas.

Keywords


media pembelajaran, teks anekdot, YouTube

References


AH. Hujair, Sanaky. (2013). Media pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara. hlm : 3 s.d 7.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Hlm: 40 s.d. 41.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. hlm: 3 s.d. 11.

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoritis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). Jurnal Tarbawy. Vol.6 NO.1. Hlm: 20.Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. hlm: 81 s.d. 84.

Farhatunnisya, A. (2020). Pemanfaatan video youtube dalam meningkatkan motivasi belajar siswa insan litera. Jurnal Comm-Edu. Vol. 3 No. 2. Hlm: 113.

Itiarani. (2019). Penggunaan video dari youtube sebagai media dalam pembelajaran pendidikan agama islam di kelas viii smp negeri 20 bandar lampung. Skripsi di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Hlm: 51.

Iqbal, M. (2019). Pengembangan video blog (vlog) channel YouTube berbasis STEM sebagai media alternatif pembelajaran online. Skripsi. Hlm: 70.

Kamhar, M.S. dan Lestari, E. (2019). Pemanfaatan media sosial youtube sebagai media pembelajaran bahasa indonesia di perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.1 No.2 Hlm: 5.

Kusumaningtyas, R. (2019). Komunikatif yang efektif dalam pembelajaran dan pengelolaan kelas di pimpinan cabang muhammadiyah baki. Prosiding SENADIMAS Ke-4. ISBN 978-623-7482-00-0. Hlm: 1268.

Lestari, R. (2017). Penggunaan youtube sebagai media pembelajaran bahasa inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan. ISBN: 978-602-361-102-7. Hlm: 610 s.d. 611.

Putri, V.A. (2019). Analisis kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran karya guru bahasa indonesia kurikulum 2013 di sma baitul arqom tahun pelajaran 2018-2019. Skripsi Universitas Muhammadiyah Jember. Hlm: 3.

Rahmayanti, H. Model nested berbasis berpikir kritis berbantuan media aplikasi Powtoon dalam pembelajaran menulis teks anekdot (penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 4 kota Tegal tahun pelajaran 2015/2016). S2 thesis, Universitas

Sari, L. (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan YouTube sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Tawadhu. Hlm: 1076 s.d.1087




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i1.7247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Wahyuni Lutfiyatul Yaqin, Abdul Rozak, Hesti Muliawati
execute(); ?>