ANALISIS NILAI TAMBAH INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUK OLAHAN KERIPIK PISANG (Kasus Di Desa Bantaragung Kecamatan Sindang Wangi Kabupaten Majalengka)

Ghaisani Nurshabrina Aufar, I Ketut Sukanata

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besarnya biaya produksi, penerimaan, pendapatan, R/C Ratio, B/C Ratio dan BEP pada industru rumah tangga keripik pisang di Desa Bantaragung, (2) Nilai tambah pada industri rumah tangga keripik pisang di Desa Bantaragung. Penelitian dilaksanakan di Desa Bantaragung Kecamatan Sindang Wangi Kabupaten Majalengka pada Bulan Februari-Maret 2021, dengan 6 responden perajin keripik pisang yang dianalisis dalam satu kali produksi. Metode penelitian yang digunakan adalah sensus, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengetahui informasi perajin. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Metode analisis yang digunakan untuk menghitung nilai tambah industri rumah tangga keripik pisang Desa Bantaragung adalah metode hayami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dari 6 perajin industri rumah tangga keripik memberi nilai tambah (positif), dan usaha ini layak untuk dilaksanakan.

Kata Kunci: Harga, Keripik Pisang, Majalengka, Metode Hayami, Nilai Tambah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hayami, Y.; Kawagoe, T.; Mooroka, Y.; dan Siregar, M. 1987. Agriculture Marketing And Processing In Upland Java, A Perpective From A Sunda Village, CGPRT No. 8. Bogor.

Soekartawi.1995. Analisis Usaha Tani. UI Press. Jakarta.

Sururi, Imam, Hammam Rofiqi Agustapraja. 2020. Studi Kelayakan Investasi Perumahan Menggunakan Metode Benefit Cost Ratio. Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan. Lamongan.

Hamidah, Mutmaini. 2015. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik Ubi Di Kota Pontianak. Jurnal Social Economic of Agriculture. Pontianak.

Nurjaman, Tatang, Soetoro, M. Nurdin Yusuf. 2017. Analisis Biaya, Penerimaan, Pendapatan, Dan R/C Usaha Tani Kacang Tanah (Arachis hypogaea L). Fakultas Pertanian Universitas Galuh. Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jpa.v4i1.5948

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##
execute(); ?>