Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA melalui Means-Ends Analysis

Komang Ayu Nadya Suhita Lestari, Gusti Ayu Mahayukti, Ni Made Sri Mertasari

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada materi Fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas meliputi tiga siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri di Singaraja yang berjumlah 37 orang. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keaktifan belajar. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siklus I, rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 58,78; pada siklus II sebesar 69,05; dan pada siklus III sebesar 76,82. Keaktifan belajar juga mengalami peningkatan, persentase pada siklus I sebesar 52,87% dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 65,26% dengan kriteria baik, dan siklus III sebesar 78,38% dengan kriteria baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran MEA dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar, Means-Ends Analysis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Chaudhry, N. G., & Rasool, G. (2012). A Case Study on Improving Problem Solving Skills of Undergraduate Computer Science Students. World Applied Sciences Journal, 20(1), 34–39.

Chavez, J. A. (2007). Enlivening problems with heuristics through learning activities and problem solving (LAPS). Learning Science and Mathematics, SEAMEO RECSAM, 2, 1–18.

Citoresmi, N., & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 13–18.

Csapó, B., & Funke, J. (2017). The nature of problem solving. Using research to inspire 21st century learning. Educational Research and Innovation, 1(1), 1-34.

Harkness, S. S., & Noblitt, B. (2017). Playing the believing game: Enhancing productive discourse and mathematical understanding. Journal of Mathematical Behavior, 45, 63–77.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Juanda, J. R. & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 5(2), 108–110.

Lachner, A., Weinhuber, M., & Nückles, M. (2019). To Teach or Not to Teach The Conceptual Structure of Mathematics? Teachers Undervalue The Potential of Principle-Oriented Explanations. Contemporary Educational Psychology, 58(March), 175–185.

Laterell, C. M. (2013). What Is Problem-solving Ability ? LATM Journal, 1(1), 1–12.

Malalina, M., & Kesumawati, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(1), 55–70.

Özreçbero?lu, N., & Ça?ana?a, Ç. K. (2018). Making It Count: Strategies for Improving Problem-Solving Skills in Mathematics for Students and Teachers’ Classroom Management. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1253–1261.

Phumeechanya, N., & Wannapiroon, P. (2014). Design of Problem-based with Scaffolding Learning Activities in Ubiquitous Learning Environment to Develop Problem-solving Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4803–4808.

Polya, G. (1957). How to Solve it. Princenton University Press.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238.

Rama, Y. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII-F SMPN 14 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9.

Reamer, A. C., Ivy, J. S., Vila-Parrish, A. R., & Young, R. E. (2015). Understanding the evolution of mathematics performance in primary education and the implications for STEM learning: A Markovian approach. Computers in Human Behavior, 47, 4–17.

Saraswati, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis (MEA) Bagi Siswa Kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 1–12.

Shepherd, M. D., & Van de Sande, C. C. (2014). Reading Mathematics for Understanding-From Novice to Expert. Journal of Mathematical Behavior, 35, 74–86.

Sinaga, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 25–35.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Technical Cooperation Project for Development of Science and Mathematics teaching for Primary and Secondary Education in Indonesia. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Varma, S., & Schwartz, D. L. (2011). The Mental Representation of Integers: An Abstract-To-Concrete Shift in The Understanding of Mathematical Concepts. Cognition, 121(3), 363–385.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3487

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>