JNPM adalah jurnal yang terbit setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Maret dan bulan September, diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Swadaya Gunung Djati (UGJ) dan Indonesian Mathematics Educators' Society (IMES). JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 dan e-ISSN 2549-4937
JNPM mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait dengan pengajaran dan pembelajaran spesifik dalam bidang Pendidikan Matematika. JNPM menerima publikasi dari guru-guru matematika (SD, SMP, SMA), serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan matematika.
Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam JNPM ini adalah sebagai berikut:
- Model Pembelajaran Matematika,
- Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika,
- Kurikulum dalam Pengajaran Matematika,
- Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pengajaran Matematika,
- Pengembangan Profesional Guru Matematika,
- Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika
- Desain Didaktis dalam Pembelajaran Matematika
- Lesson Study dalam Pembelajaran Matematika
Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses double blind review yang diserahkan kepada reviewer.
Vol 4, No 2 (2020): EDISI SEPTEMBER
Daftar Isi
Artikel
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Linier
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3386
| Abstract views : 244 times
Yayan Eryk Setiawan
|
180-194
|
Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.2830
| Abstract views : 273 times
Kharisma Yuli Noviana, Budi Murtiyasa
|
195-211
|
Adaptasi Test of Mathematical Ability (TOMA-3)
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3218
| Abstract views : 81 times
Nani Restati Siregar, Supra Wimbarti, Sri Kusrohmaniah, Yulius Sunardi
|
212-220
|
Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3235
| Abstract views : 106 times
Ni Wayan Poppy Handayani, I Made Ardana, I Gusti Putu Sudiarta
|
221-236
|
Hawgent Dynamic Mathematics Software to Teach Line and Angle
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3473
| Abstract views : 83 times
Xiangjie Zhang, Ying Zhou, Tommy Tanu Wijaya
|
237-247
|
Kesulitan Siswa Madrasah Ibtidaiyah pada Materi Pecahan Berdasarkan Langkah Polya
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3476
| Abstract views : 100 times
Nenden Yuliani Pratiwi, Wahyu Hidayat
|
248-262
|
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA melalui Means-Ends Analysis
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3487
| Abstract views : 114 times
Komang Ayu Nadya Suhita Lestari, Gusti Ayu Mahayukti, Ni Made Sri Mertasari
|
263-278
|
Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3877
| Abstract views : 137 times
Clara Ayu Mia Permata, Yosep Dwi Kristanto
|
279-291
|
Pembuat Nol sebagai Hambatan Didaktis dalam Pertidaksamaan Kuadrat
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3614
| Abstract views : 104 times
Kimura Patar Tamba, Meiva Marthaulina Lestari Siahaan
|
292-307
|
Penerapan Model Pembelajaran Experience, Language, Picture, Symbol, Application (ELPSA) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3517
| Abstract views : 188 times
Ayu Wikasari, I Made Suarsana, I Gusti Nyoman Yudi Hartawan
|
308-323
|
Gaya Belajar dan Nilai Kalkulus Diferensial: Apakah Mempengaruhi IPK?
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3629
| Abstract views : 64 times
Entit Puspita, Dadang Juandi, Rizky Rosjanuardi
|
324-337
|
Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaktif
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.3606
| Abstract views : 172 times
Ni Kadek Natia Mahadewi, I Made Ardana, Ni Made Sri Mertasari
|
338-350
|
Perangkat Project-Based Learning berbantuan ICT: Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematis Siswa
DOI : 10.33603/jnpm.v4i2.4160
| Abstract views : 122 times
Asep Amam, Lilis Lismayanti
|
351-362
|