Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika SMA

Ihdi Amin, YL Sukestiyarno, St Budi Waluya, Scolastika Mariani

Sari


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan deskripsi tertulis tentang rencana kegiatan pembelajaran yang seharusnya dapat diimplementasikan dalam praktik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas RPP dan implementasinya dalam pembelajaran matematika SMA. Penelitian dilakukan secara kualititatif. Subjek penelitian meliputi 32 orang guru  matematika SMA. Analisis data digunakan metode triangulasi (membandingkan data observasi, kuesioner, dan wawancara terbatas). Hasil menunjukkan bahwa kualitas RPP berada pada kategori cukup di semua indikator, sedangkan implementasinya berada pada kategori cukup hanya pada indikator perumusan materi ajar dan kegiatan pembelajaran, pada indikator yang lain berada pada kategori kurang. Dalam hal ini guru matematika SMA disarankan dapat mengembangkan RPP yang lebih berkualitas dan implementatif, yang mampu membiasakan siswa pada kegiatan pemecahan masalah, pengembangan HOTs dan kinerja metakognitif, serta melakukan kegiatan evaluasi yang komprehensif.

Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Implementasi RPP, Pembelajaran Matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agyei, D. D. & Voogt, J. (2012). Developing Technological Pedagogical Content Knowledge in Pre-Service Mathematics Teachers Through Collaborative Design. Australasian Journal of Educational Technology, 28(4), 547-564.

Amin, I., Sukestiyarno, Waluya, B., dan Mariani, S. (2019). Pengembangan Kinerja Metakognitif Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kolaboratif melalui Penerapan Model Pembelajaran PME. Jurnal Edukasi Matematika (EDUMAT), 10(18), 1095-1106.

Basuki, I. dan Hariyanto. (2016). Asesmen Pembelajaran (cetakan ketiga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Cicek, V. (2013). Effective Use of Lesson Plans to Enhance Education. International Journal of Economy, Management and Social Sciences, 2(6), 334-341.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dias, L. dan Victor, A. (2017). Teaching and Learning with Mobile Devices in the 21st Century Digital World: Benefits and Challenges. European Journal of Multidisciplinary Studies, 2(5), 339-334.

Duncan, G., & Met, M. (2010). STARTALK: From Paper to Practice. College Park, MD: National Foreign Language Center at the University of Maryland.

Ejiwale, J. A. (2013). Barriers to Successful Implementation of STEM Education. Journal of Education and Learning. 7(2), 63-74.

Feist, J. & Feist, G. J. (2013). Teori Kepribadian (Theory of Personality, 7th ed). Jakarta: Salemba Humanika.

Habib, R. B. (2017). Students Teaching Students: An Action Research Project Incorporating Active Learning at Language Classroom. Journal of Education and Human Development, 6(2), 182-199.

Holmes, K. P. & Holmes, S. V. (2011). Hierarchy for Effective Lesson Planning: A Guide to Differentiate Instruction Through Material Selection. International Journal of Humanities and Social Science, 1(19), 144-151.

Indriani, K. W. A. (2017). Analisis Kualitas Perancangan RPP dengan Menggunakan Kerangka Kerja ELPSA pada Focused Group Discussion di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 25-34.

Jaedun, A., Hariyanto, V. L., & Nuryadin. (2014). An Evaluation of The Implementation of Curriculum 2013 at The Building Construction Department of Vocational High School in Yogyakarta. Journal of Education, 7(1), 14-22.

John, P. D. (2006). Lesson planning and the student teacher: re-thinking the dominant model. Journal of Curriculum Studies, 38(4), 483–498.

Jones, J. (1998). Lesson planning: Towards purposeful learning and effective teaching. Encuentro. Revista de Investigación e Innovación en la clase de idiomas, 1(10), 89-98.

Joyce, B.; Weil, M.; & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching (Model-Model Pengajaran (edisi kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemdikbud. (2016). Silabus Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kemdikbud.

Kuncara, A.W., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Peluang Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(3), 352-365.

Latifa, I. S. (2017). The Analysis of Teachers’ Lesson Plan through Behavioral Objectives Theory. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 82(9), 6-11.

Mosothwanei, M. (2012). The Role of Senior Secondary School Mathematics Teachers in the Development of Mathematics Curriculum in Botswana. International Journal of Scientific Research in Education, 5(2), 117-129.

Muijs, D. & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Nesari, A. J. & Heidari, M. (2014). The Important Role of Lesson Plan on Educational Achievement of Iranian EFL Teachers' Attitudes. International Journal of Foreign Language Teaching & Research, 2(5), 27-34.

Rumahlatu, D., Huliselana, E. K. & Takariaa, J. (2016). An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in The West Part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental & Science Education, 11(12), 5662-5675.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi kedua). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Education Perspective (edisi keenam). Yogyakarta: Purtaka Pelajar.

Sesiorina, S. (2014). The Analysis of Teachers’ Lesson Plan in Implementing Theme-Based Instruction for Teaching English to Young Learners. Journal of English and Education, 2(1), 84-95.

Shen, J., Poppink, S., Cui, Y., & Fan, G. (2007). Lesson Planning: A Practice of Professional Responsibility and Development. Educational Horizons, 85(4), 248-258.

Shrawder, J. H. (2006). Planning a Successful Lesson, Teaching For Success. South Lake Tahoe: CA.

Sidabutar, R. (2016). The Efforts to Improve Mathematics Learning Achievement Results of High School Students as Required by CompetencyBased Curriculum and Lesson Level-Based Curriculum. Journal of Education and Practice, 7(15), 10-15.

Sundayana, R. (2015). Media dan Peraga dalam Pembelajaran Matematika: untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pencinta Matematika. Bandung: Alfabeta.

Wang, L., Liu, Q., Du, X., & Liu, J. (2017). Chinese Mathematics Curriculum Reform in the 21st Century: A Review. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13 (8), 5311-5326.

Zazkis, R., Liljedahl, P., & Sinclair, N. (2009). Lesson Plays: Planning Teaching Versus Teaching Planning. For the Learning of Mathematics, 29(1), 40-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>