Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Kelas VII SMP
Sari
Abstrak. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses pembelajaran, kefektifan pembelajaran, dan karya siswa berupa teks cerita fantasi dengan menggunkan model pembelajaran berbasis proyek bermedia audio visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangenan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah tes dan observasi. Data yang diperoleh yaitu berupa hasil memproduksi teks cerita fantasi siswa. Data itu kemudian diolah dengan menggunakan uji statistik uji t-test. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai Thitung2,67 dan Ttabel 2,9. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek bermedia audio visual dalam pembelajaran teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangenan berlangsung efektif. Sementara itu, hasil dari observasi, data diperoleh dari proses pembelajaran siswa dalam menulis teks cerita fantasi menggunakan model pembelajaran berbasis proyek bermedia audio visual. Dari data hasil observasi proses pembelajaran teks cerita fantasi dengan menggunkan model pembelajaran berbasis proyek bermedia audio visual sudah berjalan dengan baik, dalam hal ini sudah adanya interaksi antara siswa dengan guru, serta siswa dengan siswa lainnya. Pembelajaran teks cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek bermedia audio sudah efektif. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil tes antara nilai tes awal dengan nilai tes akhir yaitu dengan rata-rata tes awal sebesar 69 dan tes akhir sebesar 80,4. Hasil karya tulis siswa dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek bermedia audio sudah sangat baik. Hasil tulisan siswa pada tes akhir sudah sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita fantasi.
Kata Kunci : model berbasis proyek, media audio visual, teks cerita fantasiTeks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Abidin , Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta
Guntur, Tarigan. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Kemendikbud. 2016. Bahasa Indonesia.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan.
Sutari, dkk.1997. Menyimak. Jakarta: Depdikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3707
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis
Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490