Penerapan Model Pedagogi Genre dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Mahasiswa PBSI

Sukini Sukini, Bayu Indaryanto, Abdul Rozak

Sari


Abstrak. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatan kemampuan menulis puisi pada mahasiswa PBSI semester II Universitas Widya Dharma dengan menerapkan model pembelajaran Pedagogi Genre dalam pembelajaran puisi. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa terdapat peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya model pembelajaran pedagogi genre. Mahasiswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar, komunikatif, terjadi scaffolding, dan terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi. Nilai KKM dalam menulis puisi 80, ketuntasan klasikal 80%. Pada masa prasiklus nilai rata-rata mahasiswa 72, tingkat ketuntasan 0%. Setelah diterapkan model pedagogi genre pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 79, yang nilainya sama atau lebih dari KKM 25%. Pada siklus II nilai rata-rata mahasiswa 85 yang nilainya sama atau lebih dari KKM 88%. Jadi, penerapan model pembelajaran Pedagogi Genre dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi pada mahasiswa PBSI.

Kata Kunci: model pembelajaran, pedagogi genre, menulis puisi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmazaki. (1993). Analisis sajak: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.

Agusrida. (2020). Penerapan Pendekatan Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: Balai Diklat Keagamaan.

Ainia, Dela Khoirul. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 3 Tahun 2020 ISSN: E-ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990.

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum) Jurnal Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014.

Azizah, Aida. (2016). Pembelajaran Menulis Puisi dan Penerapannya dalam Pendidikan Karakter Semarang: FKIP Universitas Islam Sultan Agung Prosiding : Seminar Nasional PIBSI XXXVII (http://research.unissula.ac.id › file › publikasi).

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lampiran II: 1-2. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Cahyanti, Fikha Dwi. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Strategi Enam-M dengan Media Lagu pada Siswa Kelas VIII MTs 01 Mojo. Semarang:Unnes.

Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis: Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Darwis, dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyelenggaraan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. , cet. ke-1. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Emilia, Emi. (2011). Pendekatan Genre Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Rizqi Press.

Hudaa, Syihaabul; Nuryani, Nuryani; Inderasari, Elen. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA) Menggunakan Pop Up (Learning Indonesian at Al-Qur`an Learning Center Using Pop Up). http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v6i2.6012

Joyce, Bruce; Weil, Marsha; Calhoun, Emily. (2011). Models of Teaching.: Model-Model Pengajaran. Edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kertayasa, I Wayan; Suandi, I Nengah; Budi Utama, I Dewa Gede. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pafa Siswa Kelas X MIA 2 SMA N Sukasada. P-ISSN : 2614-4743 (cetak) dan e-ISSN : 2614-2007 (online) Volume 8 Nomor 2, Agustus 2018.

Kurniati, Lisdwiana (2020) Pemanfaatan Youtube sebagai Media Sosial dalam Pembelajaran Mata Kuliah Menulis Puisi dalam Prosiding Samasta UMJ, 2020.

Kusmiatun, Ari. (2016) Model Pembelajaran Puisi “Cipit Baruâ€: Sebuah Inovasi Pembelajaran Sastra Berbasis Multikultural dalam LOA (Junal Ketatabahasaan dan Kesusastraan) Vol 11, No 2 (2016) https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id (Diakses 1 Agustus 2022).

Mulyana, Aina. (2019). Pendekatan CLIL dan Pedagogi Genre (Genre Pedagogy) dalam https://www.ainamulyana.com/2019/07/pendekatan-clil-dan-pedagogi-genre.html (Diakses 1 Agust 2022).

Nayu, Marni. (2015). Peningkatan Kemampuan dalam Menulis Puisi Melalui Metode Bengkel Sastra Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Palu dalam e-Jurnal Bahasantodea, Volume 3 Nomor 2, April 2015.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Raimes, A. (1983). Techniques in Teaching Writing. Oxford: Oxford University Press.

Ramadania, Fajarika. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku ajar Kurikulum 2013 dalam STILISTIKA, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

Rosdiana, Rina; Mukhtar, Ruyatul Hilal. (Tth). Penerapan Pedagogi Genre Dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 19. Bogor: Universitas Pakuan.

Rosidah, Ati. (2020). ‘Merdeka Belajar’ Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. Jakarta: BPMP (Balai Penjaminan Mutu Pendidikan).

Sari, Nurmaya. (2018). Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Media Gambar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Thesis FBS dalam http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10101 (Diakses Juli 2022).

-----------. (2002). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Sudaryanto, Sudaryanto; Widayati, Wahyu; Amalia, Risza. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia dalam Jurnal KODE Vol 9, No 2 Th 2020.

Sukma, Elfia binti Bachtiar; Sihes, Ahmad Johari. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar dalam Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V2.i1 (1-11) Oktober 2016.

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu dalam Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Teeuw.(1883). Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.

UGM. (2020). Panduan Penyelenggaraan MBKM: Memfasilitasi Hak Belajar Mahasiswa di Luar Program Studi, cet. ke-1. Yogyakarta: UGM.

Waluyo, Herman J.. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

-----------. (2008). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

Yulistio, Didi; Fhitri, Anita. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan Clil (Content And Language Integrated Learning) Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu dalam Jurnal Korpus, Volume III, Nomor 1, April 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.7905

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>