Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Materi Rotasi, Revolusi, dan Gerhana di Kelas 6 Sekolah Dasar
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan dan efisiensi penggunaan metode pembelajaran dalam materi rotasi, revolusi, dan gerhana pada kelas 6 SDN Gembongan 7. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan observasi tidak langsung, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Gembongan 7 dengan jumlah 25 siswa serta guru kelas 6. Hasilnya ditemukan adanya beberapa permasalahan dalam penerapan metode simulasi, seperti keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam melakukan praktek.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4
Aidid, E. 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Hua, L. I. U., Han, H. O. U., Buckland, M., Gross, T., Taylor, A. G., Piotrowski, M., … Petras, V. (2003). Records Management Journal, 1(2), 1–15.
Kadir, A., dkk. 2012. Dasar - Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8).
Setiawan, M., A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i1.6171