Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Materi Rotasi, Revolusi, dan Gerhana di Kelas 6 Sekolah Dasar

Dela Oktisusila Biantara, Farah Nabilah Asy'ari, Novita Nur Aini, Putri Junaina Miratul Habibah, Lilik Bintartik, M. Anas Thohir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan dan efisiensi penggunaan metode pembelajaran dalam materi rotasi, revolusi, dan gerhana pada kelas 6 SDN Gembongan 7. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan observasi tidak langsung, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Gembongan 7 dengan jumlah 25 siswa serta guru kelas 6. Hasilnya ditemukan adanya beberapa permasalahan dalam penerapan metode simulasi, seperti keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam melakukan praktek.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Aidid, E. 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Hua, L. I. U., Han, H. O. U., Buckland, M., Gross, T., Taylor, A. G., Piotrowski, M., … Petras, V. (2003). Records Management Journal, 1(2), 1–15.

Kadir, A., dkk. 2012. Dasar - Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8).

Setiawan, M., A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i1.6171

Refbacks

execute(); ?>