PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Nurul Senja

Abstract

Pelajaran ekonomi merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di
Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelajaran Ekonomi mempunyai peranan besar
dalam perkembangan ilmu pengetahuan, sosial, dan teknologi, serta diharapkan
dapat memberikan kontribusi yang berarti terutama untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa. Namun, sebagian siswa menganggap bahwa pelajaran
Ekonomi itu membosankan dan sulit dipahami. Sehingga hasil belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi mengalami penurunan. Untuk mengatasi berbagai
problematika dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut diperlukan adanya model
pembelajaran yang dipandang mampu mengatasi kesulitan guru dalam
melaksanakan tugas mengajar dan juga kesulitan belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 1 dan X IIS 2 di SMA Negeri 1 Palimanan
Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 70 siswa. Penelitian yang dilaksanakan ini
menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi.
Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan
data hasil angket, hasil pretes dan postest. Data penelitian yang di dapat kemudian
dianalisis dengan menggunakan program komputer SPSS Versi 21.0.Berdasarkan
rumusan masalah yaitu “Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran
tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
ekonomi?â€.Koefisien regresi X nilai thitung sebesar 5,679 dengan tingkat
signifikansi = 0,05 dan dk (n-2) = 34 – 2 = 32 dilakukan uji satu pihak, sehingga
diperoleh nilai ttabel adalah 2,037. Karena nilai thitung ttabel atau 5,679 2,037
maka Ha diterima, artinya koefisien regresi signifikan atau dengan kata lain
penggunaan model pembelajaran tuntas (mastery learning) berpengaruh
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.
Melalui pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka hipotesis yang
diajukan yaitu “Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model
pembelajaran tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kabupaten Cirebonâ€.

Published

2016-08-01

Issue

Section

Artikel