PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND ANSWER UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA EKONOMI (Studi pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 1 TUKDANA)

Aan Anisah

Sari


Peserta didik masih menganggap mata pelajaran ekonomi adalah pembelajaran yang
membosankan dan cenderung membuat kejenuhan karena dalam pembelajarannya hanya
mendengarkan guru didalam kelas saja.Akibat dari ketidak terlibatan siswa secara langsung
dalam proses pembelajaran akan timbul fenomena kesuliatan belajar siswa biasanya tampak
jelas pada hasil belajar siswa. Masalah rendahnya hasil belajar siswa dapat mengurangi
keaktifan siswa dalam proses belajar mata pelajaran ekonomi. Salah satu cara yang efektif
untuk meningkatkan hasil belajar dengan ranah analisis yaitu dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penggunaan
pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer pada mata pelajaran
ekonomi. (2) Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan kooperatif tipe Giving Question
and Getting Answer pada mata pelajaran ekonomi. (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer pada pembelajaran ekonomi dapat
mempengaruhi kemampuan analisis siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari tiga siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Tukdana-
Indramayu. Instrumen yang digunakan berupa Soal pretes dan soal post-tes, angket respon
siswa dan lembar observasi untuk Siswa. Materi pembelajaran dalam penelitian ini adalah
pokok bahasan APBN dan APBD.
Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan pembelajaran kooperatif tipe giving question and
getting answersudah baik jika dilihat dari hasil setiap siklus, Dalam kegiatan siklus I
diperoleh rata-rata sebesar 57, siswa belum mencapai hasil yang baik karena ada beberapa
siswa yang tidak sepenuhnya mengamati proses pembelajaran. Rata-rata siklus II yaitu
sebesar 70, dan siklus III sebesar 85.Respon siswa terhadap pembelajaran melaluigiving
question and getting answer yaitu kuat artinya setiap siswa memiliki respon yang baik dalam
memahami materi pelajaransetelah menggunakan model pembelajaran giving question and
getting answer.Dari uji gain ternormalisasi didapat bahwa peningkatan Analisis yang
dianalisis melalui uji gain ternormalisasi dari hasil rata-rata pretes dan post-tes tiap
siklusnya. Nilai pretes dan postes siklus I diperoleh nilai rata-rata indeks gain sebesar 0,25
dengan kriteria rendah, dan pada siklus II diperoleh indeks gain sebesar 0,51 dengan kriteria
sedang, dan pada siklus III di peroleh indeks gainsebesar 0,64 dengan kriteria sedang.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176