PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA BERBASIS SASTRA UNTUK SISWA SD KELAS VI

Agus Wismanto

Abstract


Agar siswa mampu berkomunikasi. pembelajaran bahasa Indonesia haruslah diarahkan untuk membekali siswa terampil berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran bahasa. ditentukan oleh beberapa faktor. di antaranya: guru,  siswa,  media pembelajaran/ bahan ajar,  model dan metode. teknik, suasana belajar. dan teknologi pembelajaran.

Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini akan menjelaskan bagaimana pengembangan bahan ajar ini digunakan dengan model dan metode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, serta menjelaskan langkah-langkah praktis penerapan model dan metode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan untuk memberikan keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan pembelajarannya, selain mengunakan bahan ajar yang sesuai juga harus menggunakan pendekatan, metode. model. teknik dan strategi yang memadai agar dapat diperoleh hasil yang optimal.

Banyak pendekatan. metode. model. teknik dan strategi yang dapat dipilih sesuai dengan karakteristik dan tujuan pembelajaran. Tidak satupun model. metode. teknik. dan strategi yang paling baik. yang ada adalah kesesuaian dengan kondisi siswa. lingkungan dan materi ajar. Oleh sebab itu dalam pemilihannya dibutuhkan upaya yang cermat dan sungguh-sungguh, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Keywords


Bahan ajar dan berbasis sastra

References


Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Berapresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.

Alwi, Hasan, Soenjono Dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, Anton M. Moeliono. 2003 Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Brown, H.D. 1994. Principles of Language Learning and Teaching. Third Edition. Englewood Cliffs: Prentice Hall Regents.

Burns, A. dan Joyce. H. 1999. Focus on Speaking. Sydney: National Centre for English Language Teaching and Research Macquarie University.

Chomsky. N. 1969. Aspects of the Theory of Svntar. Massachusetts: The MIT Press.

Depdiknas. 2005. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah ke Atas. Pusat Perbukuan.

Johnson, LouAnne.2008. Pengajaran yang Kreatif, dan Menarik. Terjemahan Dani. Dharvani. Jakarta: Indeks.

Joyce, Bruce an Weil, Marsha. 1986. Models of Teaching. Englewood Cliffs: Prentice-Hall. Inc.

Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Standar Nasional Pendidikan; (2013): Kerangka Dasar, Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Standar Nasional Pendidikan; (2013): Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah kelas 1 s.d 6 Jakarta.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahanan dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Ramly. Mansyur. 2008. Inovasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Makalah pada Kongres Bahasa IX. Jakarta.

Richards. J.C. and Rodgers, T.S. 1993.Approaches and Methods in Language Teaching. Cam bridge: Cambridge University Press.

Saussure. F. 1971. Coors in general Linguistics. Terjemahan Wade Baskin. New York:McGraw-Hill.

Sampson, G.1980. Schools of Linguistics. California: Stanford University Press.

Stevik, E.W.1991. Humanism in Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Sudaryanto. 2001. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Pres.

Sumardi. M. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan.Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Thompson, N. 2003. Communication and Language. New York: Palgrave Acmillan.

Tim Puskur, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas-Badan Penelitian dan Pengembangan-Pusat Kurikulum.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, ed. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Wenger, W. 2004. Beyond Teaching and Learning. Terjemahan Ria Sirait. Bandung: Rosda.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v3i2.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Tuturan
execute(); ?>