MODEL SINEKTIK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF

Moch Zyn Fuadi, Yusida Gloriani, Dede Endang Mascita

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelaikan dan keefektifan model sinektik dengan media audiovisual dalam pembelajaran teks cerita inspiratif yang dalam implementasinya diharapkan dapat meningkatkan daya serap siswa dalam pembelajaran, adapun audiovisual yang dimaksud dalam penelitian ini adalah video. Landasan pengembangan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model desain ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate) yang memiliki lima tahapan proses sebagai berikut: 1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi. 2) Merancang produk awal yaitu perangkat pembelajaran yang didesain mengikuti langkah-langkah model sinektik. 3) Mengembangkan produk dengan validasi ahli dan revisi. 4) Tahap uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, pada tahap ini produk diujicobakan dengan cara diterapkan dalam pembelajaran kelas eksperimen. 5) Tahap evaluasi produk, pada tahap ini dilaksanakan evaluasi produk berdasarkan data temuan saat implementasi. Validator ahli materi bahasa Indonesia memberikan  skor kelaikan aspek desain pembelajaran dengan model sinektik pada interval 88,89% yang berarti sangat layak dan pada interval 76,36% untuk aspek desain materi video pembelajaran teks cerita inspiratif yang berarti layak. Sedangkan validator ahli multimedia memberikan skor kelaikan aspek desain media audiovisual (video pembelajaran) pada interval 80% yang berarti layak. Berdasarkan tabel output hasil uji-t, diperoleh nilai sig = 0,001, yang berarti lebih kecil dari α 0,05, dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis deskriptif melalui uji-t juga menyatakan bahwa nilai rerata posttest lebih besar dan berbeda secara signifikan dengan nilai pretest (82.67 > 77.52; dan t hitung 3,634 > t tabel 2,037). Ini  berarti terjadi peningkatan kemampuan daya serap siswa sesudah penerapan model sinektik dengan audiovisual dalam pembelajaran teks cerita inspiratif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini penerapan model sinektik dengan audiovisual dalam pembelajaran teks cerita  inspiratif layak dan efektif meningkatkan kemampuan daya serap siswa dalam pembelajaran.

Keywords


model sinektik, media audiovisual, pembelajaran, teks cerita inspiratif.

References


Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

B, Hamzah., & Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bruce Joyce, Marsha Weil, Emil Calhoun, 2016. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deni Darmawan, Dr. 2014. Inovasi Pendidika: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Endang Widi Winarni, Prof.Dr. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kkualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D).Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni

Hamdan Husein Batubara. 2021. Media Pembelajaran Digital.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Komalasari, 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Miftahul Huda, 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbin Syah, 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Retno Listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta: Esensi.

Saefuddin, H.A. 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Sawali, dkk. (2016). Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sudarwan Danim, Prof.Dr. 2015. Pengembangan Profesi Guru: dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yasnur Asri, 2011. Efektivitas Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Kreatif. Kajian Linguistik dan Sastra, 23 (1), 42-54.

Abdul Razak, Juwanda. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Kelas VII SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), 66-69.

Amintaningsih, 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berbasis KUIK (Kisah, Unsur Intrinsik, Dan Khayalan) Melalui Model Sinektik. Lingua Didaktika, 4 (2).

Arum Yulia Lestari, Agus Nuryatin, 2019. Desain Buku Teks Cerita Inspiratif Bermuatan Karakter Mandiri sebagai Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 (1).

Lastini, Saraswati. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas VII SMP Sandika Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 24-27.

Matius Alfons. (2019). Rata-rata Hasil UNBK 2019 Tingkat SMP Masih di Bawah Standar. diakses 6 Maret 2020, dari https://news.detik.com/berita/d-4568718/rata-rata-hasil-unbk-2019-tingkat-smp-masih-di-bawah-standar

Sapto Haryooko, 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audiovisual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5 (1), 1-10.

Sun Suntini, 2015. Penggunaan Model Sinektik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Pembelajaran Wacana Naratif Siswa Kkelas XI SMK Muhammadiyah Jalaksana Tahun Ajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sutikno, 2016. Pengembangan Model Sinektik pada Pembelajaran Menulis Puisi Berkonteks Multikultural dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i2.7693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moch Zyn Fuadi
execute(); ?>