ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEKS CERPEN

Naili Rohmawati, Fetro Mohammad, Haryadi Haryadi, Debby Luriawati M

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan dalam pembelajaran cerpen di sekolah. Adapun hambatan yang terjadi pada siswa di sekolah saat ini adalah: malas, pembelajaran kurang kreatif dari pendidik, kesulitan untuk menentukan topik yang menarik dalam menulis cerpen. Dalam penelitian ini difokuskan penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar menulis cerpen yang baik dan menarik untuk dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kelemahan dalam pembelajaran berbasis media audio visual, dan merekonstruksi kelemahan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara simak baca catat melalui dokumen jurnal-jurnal yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif, karena fokus pada penggunaan media audio-visual. Metode penelitian kuantitatif dengan instrumen seperti dokumentasi.


Keywords


Media; Audio-Visual; Pembelajaran; Cerpen

References


Harsono, 2008. Etnografi pendidikan Sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kosasih. 2004. Teori Pengkajian Sastra. Bandung: Titian Ilmu.

Wina, Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wingkel, 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wellek, Rene and Austin Warren. 1956. Teori Kesustraan (terjemahan Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.

Yassin, HB. 1991. Tifa Penyair dan Daerahnya. Jakarta: Haji Masagung.

https://eprints.uny.ac.id/9755/1/BAB%201%20-%2007105244017.pdf

https://core.ac.uk/download/pdf/11064562.pdf

https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=Nurgiantoro+%282009%3A+23%29.+

http://eprints.walisongo.ac.id/4058/3/103911022_bab2.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i1.5228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Naili Rohmawati, Fetro Mohammad, Haryadi Haryadi, Debby Luriawati M
execute(); ?>