Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung

Andri Irawan, Esi Fitriani Komara

Abstract


Abstract. The district government in today's globalization era must have effective competence and management. Service is one of choice of marketing strategy to create consumer satisfaction. Katapang is one of the bonded industrial areas in South Bandung. The number of residents in Kecamatan Katapang is 117,113 people consisting of the male population as many as 60,430 people and female population as much 56,683 people (BPS of Bandung Regency, 2013). The research approach used is quantitative with data collection technique is done by interviewing and distributing questionnaires. Discussion of data using a Cartesian diagram. The results of the discussion show that the overall importance level of 3.795 while the overall performance given of 2.73, means that service performance is still below the standard of basic services and not basic services to the population.


Keywords: Service
; Satisfaction

 

Abstrak. Pemerintah Kecamatan dalam era globalisasi saat ini harus memiliki kompetensi dan manajemen yang efektif. Pelayanan merupakan salah satu pilihan dari strategi pemasaran untuk menciptakan kepuasan konsumen. Katapang merupakan salah satu kawasan berikat industri di Bandung Selatan. Jumlah penduduk di Kecamatan Katapang adalah 117.113 orang yang terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 60.430 orang dan penduduk perempuan sebanyak 56.683 orang (BPS Kab. Bandung, 2013) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Pembahasan data menggunakan Diagram Kartesius. Hasil pembahasan menunjukan bahwa tingkat kepentingan secara keseluruhan sebesar 3,795 sedangkan kinerja secara keseluruhan yang diberikan sebesar 2,73, artinya bahwa kinerja layanan masih dibawah standar pelayanan dasar dan bukan pelayanan dasar kepada penduduk.

 

Katakunci: Pelayanan; Kepuasan


Keywords


Service, Satisfaction

References


Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS. STAIN Salatiga Pers.

Bisnis, J. (2012). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 8, No.2. Juli 2012 97, 8(2), 97–107.

BPS. Kecamatan Katapang dalam angka 2013 (2013). Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. https://doi.org/katalog BPS : 1102001.3204.180

Kecamatan Katapang. (2015). Rencana Perubahan.

Kotler dan Amstrong. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2 (Edisi Ke-8). Jakarta: Erlangga.

Menpan. Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, Pub. L. No. Kep/25/M.PAN/2/2004 (2004).

Sinollah. (2011). Analisis Kepuasan Pelanggan Multilevel Marketing dengan Metode Diagram Kartesius (Matrix Importance and Performance) Survei pada Pelanggan/Distributor PT. Centranusa Insan Cemerlang (CNI) dan PT. Harmoni Dinamika (HD) di Kota Malang. Jurnal Otonomi, No. 2.

Sri Hadiati, & Sarwi Ruci. (1999). Analisis kinerja kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada telkomsel malang area. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), pp.56-64. https://doi.org/10.9744/jmk.1.1.pp. 56-64

Sugiama, G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen (Pertama). Bandung: Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatis, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2007). Aplikasi Praktis Riset pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

UU No 23 Tentang Pemerintahan Daerah (2014).

Wardhani, E. K. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen Jasa Penerbangan ( Studi Kasus Pada Jasa Penerbangan Garuda Indonesia Semarang - Jakarta ). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 3(1), 40–63.

Wasistiono, S. dkk. (2002). Menata Ulang Kelembagaan Kecamatan. PT Citra Pindo, Bandung.

Widanarto, A. (2014). Kajian Penyusunan Database Penataan Daerah.

Wilkipedia. (2015). Kabupaten Bandung.

Zeithmal, V.A., & Bitner, M. . (2006). Sevice Marketing ((4th ed. )). New York: McGraw Hill, International Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jibm.v1i2.690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen is published by Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.

View My Stats
execute(); ?>