Kepuasan konsumen sebagai dampak kualitas produk, harga dan keputusan pembelian

Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, Leni Cahyani

Abstract


Abstract: The Majalaya Weaving Sarong is a product of MSMEs whose existence has begun to be displaced by imported products and has resulted in many business actors going bankrupt. This study is to determine and analyze product quality, price, purchase decisions, and satisfaction. Consumers who use Majalaya sarongs are the research population, 100 respondents were sampled using the Incidental Sampling technique. Path analysis is a data analysis technique used. The result of data processing is known that consumer satisfaction is formed as an impact of product quality, price, and purchasing decisions. Product quality and price mediated by purchasing decisions can affect satisfaction. In addition, purchasing decisions can be shaped by product quality and price. The weakness of this research is that the sample distribution is large and wide, and cannot be compared with woven sarongs from other regions.

 

Keywords: Consumer Decision; Consumer Satisfaction; Price; Product

 

Abstrak: Sarung Tenun Majalaya merupakan produk UMKM yang keberadaannya mulai tergeserkan produk impor dan mengakibatkan  banyak pelaku usahanya mengalami kebangkrutan. Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kualitas produk, harga, keputusan pembelian serta kepuasan. Konsumen yang menggunakan sarung Majalaya merupakan populasi penelitian, 100 responden dijadikan sampel dengan menggunakan teknik Incidental Sampling. Analisis jalur merupakan teknik analisis data yang dipakai. Hasil olah data diketahui kepuasan konsumen terbentuk sebagai dampak kualitas produk, harga serta keputusan pembelian. Kualitas produk dan harga dengan dimediasi oleh keputusan pembelian dapat mempengaruhi kepuasan. Selain itu, keputusan pembelian dapat dibentuk oleh kualitas produk maupun harga. Kelemahan penelitian ini adalah sebaran sampelnya banyak dan luas, serta tidak bisa dibandingkan dengan sarung tenun dari daerah lain.

 

Kata Kunci: Harga; Produk; Kepuasan Konsumen; Keputusan Pembelian


Keywords


Harga; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian; Kepuasan Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Abdalloh, M. (2019). Tergulung Impor Cina, Sarung Majalaya Tak Lagi Marema Saat Lebaran.

Al-Salamin, H., & Al-Hassan, E. (2016). The Impact of Pricing on Consumer Buying Behavior in Saudi Arabia : Al-Hassa Case Study. European Journal of Business and Management, 8(12), 62–73.

Arfan, M. F., Fauzi, P. A., & Rini, E. S. (2019). The Effect of Promotion , Price Perception and Product Quality on Purchasing Weaving Decisions on Consumers of Raki Weaving Assisted by Deli Serdang Cooperative Service. IJJR_International Journal of Research and Review, 6(July), 349–360. Retrieved from http://ijrrjournal.org/IJRR_Vol.6_Issue.7_July2019/IJRR0043.pdf

Bahri, B. (2018). Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Variabel Lokasi, Pelayanan, Kualitas Produk, Nilai Emosional, dan Disain Interior yang Berdampak pada Tingkat Pembelian. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 8(1), 60. https://doi.org/10.30588/jmp.v8i1.388

Bilgies, A. F., & Nasrullah, H. (2019). Pengaruh Faktor Model, Mutu, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sarung Tenun Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Parengan Maduran Lamongan. Humanis: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11(1), 1–14.

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2, 433–445. Retrieved from http://scholarsmepub.com/wp-content/uploads/2017/05/SJBMS-24B433-445.pdf

Fahrezzy, R. S., & Trenggana, A. F. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Laptop Asus. Jurnal Indonesia Membangun, 17(2), 174–183.

Fariqoh, F., & Trihudiyatmanto, M. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Terhadap Kepuasan Pembelian Dengan Keputusan Pembelian Online Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo). Journal of Economic, Business, and Engineering (JEBE), 1(1). Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/876

Fauzi, I., Kahdar, K., & Riyadi, S. (2019). Analisis Persepsi Konsumen Untuk Strategi Pengembangan Produk Sarung Di IKM Sarung Majalaya. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain. https://doi.org/10.25105/dim.v16i1.6164

Ghezelbash, S., & Khodadadi, H. (2017). Evaluating the Impact of Promotion Price, Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction and Repeating Purchase Incentives (Case Study: Amiran Chain Stores). Journal of Internet Banking and Commerce.

Handriansyah, H. (2015). 20 Juta Kodi Kain Sarung Majalaya Sulit Terjual. Https://Www.Pikiran-Rakyat.Com/.

Haris, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan, dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia.

Keppy, P. J. (2001). Hidden Business: Indigenous and ethnic Chinese entrepreneurs in the Majalaya textile industry, West Java, 1928-1974.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited.

Limpo, L., Rahim, A., & Hamzah, H. (2018). Effect of Product Quality, Price, and Promotion to Purchase Decision. IJoASER - International Journal on Advance Science, Education, and Religion, 1(1), 9–22.

Machfoedz, M. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN.

Novira, S., & Trenggana, A. F. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Terhadap Produk Kosmetik Innisfree. E-Proceeding of Management, 6(1), 798–817.

Oktaviani, A. D., Yasri, Y., & Masdupi, E. (2019). Analysis factors of consumer purchasing decision on snack from tubers in Padang City. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.65

Oktaviani, E., Sachari, A., & Setiawan, P. (2017). Identifikasi Motif Lokal Sarung Majalaya Generasi Pertama. Arena Tekstil. https://doi.org/10.31266/at.v31i2.1639

Perdana, P. P. (2019). Industri Sarung di Jawa Barat Terpuruk, Ini Penyebabnya. Https://Regional.Kompas.Com/.

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Consumer Research, 30, 59–68. Retrieved from https://iiste.org/Journals/index.php/JMCR/article/view/34735

Reibstein, D. J. (2002). What attracts customers to online stores, and what keeps them coming back? Journal of the Academy of Marketing Science, 465–473.

Riduwan, R., & Kuncoro, E. A. (2007). Cara Menggunaakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Saputra, S. T., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna IPHONE (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Admintrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(6). Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2084

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen edisi 7. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedia.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks". PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Utami, A. T., & Trenggana, A. F. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Telkomsel (studi Pada Mahasiswa Universitas Bandung). EProceedings of Management, 3(1).

Wilkie, W. L. (1994). Consumer Behavior (Third). New York: Jhon Wiley & Sons Inc.

Windasuri, H., Hyacintha, S., & Team, B. (2017). ExcellentService. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Xu, D., Huo, B., & Sun, L. (2014). Relationships between intra-organizational resources, supply chain integration and business performance. Industrial Management Data System, 114(8), 1186–1206. Retrieved from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/IMDS-05-2014-0156/full/html

Zikmund, W. G., Babin, B. J., Jon C. Carr, & Griffin, M. (2013). Business Research Methods. CENGAGE Learning Custom Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jibm.v5i2.3382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen is published by Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.

View My Stats
execute(); ?>