FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DAGING AYAM BROILER DI PASAR CELANCANG

Nurul Arifah Fauzi, Wijaya Wijaya

Sari


Perilaku konsumen terdiri dari semua tindakan konsumen untuk memperoleh, menggunakan dan membuang barang atau jasa. Beberapa perilaku konsumen adalah: membeli sebuah produk atau jasa, memberikan informasi dari mulut ke mulut tentang sebuah produk atau jasa kepada orang lain, membuang sebuah produk, dan mengumpulkan informasi sebelum melakukan pembelian.

Faktanya di lokasi penelitian, meningkatnya jumlah penduduk membuat konsumsi masyarakat akan daging ayam semakin meningkat. Faktor lain yang menyebabkan meningkatnya konsumsi akan daging ayam adalah daya beli masyarakat dan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi gizi protein hewani semakin tinggi. Jika diperhatikan dengan seksama, di daerah penelitian masyarakat menengah bawah maupun menengah atas, rata-rata mereka memilih mengkonsumsi daging ayam dibandingkan jenis daging - daging lain yang tersedia di pasar Celancang.

Faktor eksternal mencakup enam variabel yaitu kemudahan memperoleh dengan kategori tinggi (0,90), kualitas daging ayam kategori tinggi (0,72), kelas sosial kategori sedang (0,67), budaya kategori sedang (0,62), lokasi kategori sedang (0,62) dan jenis daging ayam kategori sedang (0,56). Variabel yang memiliki pengaruh tertinggi dalam keputusan pembelian daging ayam pada faktor 2 adalah kemudahan memperoleh dengan nilai factor loading 0,90.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ana L. Haryani. 2005. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Daging ayam Broiler Bebas Residu Pestisida. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Bilson, Simamora. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Departemen Peternakan Kesehatan Republik Indonesia. 2016. http://www.kemkes.go.id/. Diakses tanggal 5 Desember 2019.

Dinas Peternakan. 2019. Data Produksi Daging Kabupaten Cirebon. Dinas Peternakan. Cirebon

Engel, James F, Roger D. Blackwell, Paul W. Miniard.1994. Perilaku Konsumen : Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta Barat.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV. Alfabeta. Bandung.

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis Edisi 11. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Indogastronomi. 2016. Kualitas Daging Ayam. http://indogastronomi.word.com/2016/03/19/kualitas-daging-ayam/.Diakses pada tanggal 19 Maret 2016.

Kotler, Philip & Amstrong. Gray 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1, Edisi 12). Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran (Jilid 1, Edisi 13). Indeks. Jakarta.

Mc Daniel, Lamb, Hair. 2001. Pemasaran (terjemahan). Edisi Bahasa Indonesia, Jilid Pertama.Salemba Empat. Jakarta.

Muta ‘Awifa, Joni Murti Mulyo Aji, Agus Supriono. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Tahu di Kabupaten Jember. Jurnal Pamator. Jurnal Ilmiah Universitas Turnojoyo. Volume 9 No 1.1 April 2016. Halaman 30-40.

Rahayu, R.Dewanti & A.Long. 2018. Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pemilihan Daginhg Ayam Broiler Sebagai Konsumsi Rumah Tangga di Surakarta. E-Journal Sains Peternakan. Volume 16 no 1. Hal 11-18. Fakultas Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sianturi dkk. 2016. Sikap dan Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Ayam Potong di Kota Bandar Lampung. JIIA, Volume 4 n0 4. Fakultas Pertanian Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>