STRATEGI KREATIF IKLAN AQUA VERSI “BUTUH LIBURAN? BELI #AQUADULU”
Keywords:
Aqua, Fajar Sadboy, Iklan Kreatif, SemiotikaAbstract
Strategi kreatif sangat penting untuk periklanan. Ini menarik perhatian audiens yang lebih besar dan membantu merek membedakan diri dari pesaing. Kemampuan untuk menghasilkan ide kreatif adalah salah satu karakteristik strategi kreatif. Ini biasanya menggunakan metode yang tidak biasa untuk menyampaikan pesan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana elemen semiotik dalam iklan berkontribusi pada strategi kreatif untuk pesan iklan. Dalam penelitian ini, peneliti akan memfokuskan analisis semiotika pada strategi kreatif pesan iklan Aqua versi “Butuh Liburan? Beli #AQUADulu”, yang menggunakan selebriti atau tokoh terkenal, serta sisi komersial iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan semiotika Pierce yang berusaha melihat tanda (representament) sebagai bagian integral dari objek referensinya dan pemahaman subjek tentang tanda (interpretant). Model triadik Pierce menunjukkan tiga komponen utama yang membentuk tanda: representamen, objek, dan interpretan. Hasil penelitian menunjukkan Ironi dan komedi menjadi bagian penting dari strategi iklan kreatif karena membantu membuat pesan yang ringan dan mudah diingat. Penelitian ini juga menemukan bahwa iklan ini terkait dengan budaya lokal Indonesia karena mencerminkan nilai kebersamaan, penerimaan apa adanya, dan penggunaan humor sebagai cara untuk mengatasi tantangan. pendekatan iklan ini berhasil menciptakan ikatan emosional yang mendalam dengan audiens dengan menggunakan tanda-tanda yang relevan, narasi yang kuat, dan elemen budaya lokal.
References
Pesan Iklan Blu By Bcaversi “The Uwise Brothers”. Komunikata57 Jurnal Ilmiah Komunikasi.
Christy, V., Komunikasi, I., Bisnis dan Komunikasi, F., & Teknologi dan Bisnis Kalbis Jalan Pulomas Selatan Kav, I. (2023). Strategi Kreatif Iklan GoPay Versi “Tukang Komen Wajib Nonton” di YouTube. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi , 10(2), 47–56. https://doi.org/10.53008/KALBISOCIO.V10I2.2604
Clow, K., & Baack, D. (2022). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications (9 ed.). Essex: Pearson Education Limited.
DIMAZ RIZKI FAKHRUR ROZIE, D. S. M. S. . D. M. N. K. M. S. (2017). PERANCANGAN IKLAN HOLDER APPAREL MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2). https://doi.org/10.24036/DEKAVE.V5I2.8287
Gede Bayu Segara Putra. (2021). Analisis Strategi Kreatif pada Iklan Bank Bjb Versi “ANTI PANIK DENGAN BJB DIGI” Tahun 2020. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2.
Latifah, D. N. (2023). Inovasi Program Gerakan Lansia Produktif Saiyo Sakato di Nagari Taratak Tinggi Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. jurnal Multidisiplin Teknologi dan Arsitektur.
Mirza, M. Y. (2023). IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS PERSIKOTA TANGERANG DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @persikotafc1994 . Komunikata57.
Rama, Kertamukti, M. S. (2015). Strategi kreatif dalam periklanan : konsep, pesan, media, branding, anggaran. Rajawali Pers.
Risi, A. d. (2022). Kajian Semiotika Ilustrasi Digital Karya Agung Budi Santoso(Pendekatan Semiotika Roland Barthes). MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual. Volume 4.
Rukin. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bali: Nilacakra.
Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & ZA, S. Z. (2017). Pengaruh efektifitas iklan televisi. JURNAL MANAJEMEN, 9(2), 76–84.https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/2477
Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1). https://doi.org/10.25139/JKP.V5I1.3003
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.