KOMODITFIKASI AUDIENS DALAM INDUSTRI BISNIS MEDIA: STUDI KASUS ARDAN SCHOOL SEBAGAI EKONOMI POLITIK MEDIA ARDAN RADIO BANDUNG

Authors

  • Muhammad Fikri Gissani Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Indonesia
  • Neni Yulianita Universitas Islam Bandung, Indonesia

Keywords:

Ardan Radio, Ardan School, Ekonomi Politik Media, Komodifikasi, Strategi Bisnis

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi proses transformasi khalayak menjadi konsumen dalam program Ardan School, sebuah inisiatif strategis dari Ardan Radio Bandung. Menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengkaji komodifikasi khalayak terhadap identitas dan pengalaman mendengarkan khalayak. Penelitian ini mengungkap bahwa Ardan Radio tidak hanya menjangkau pendengar, tetapi melibatkan mereka secara aktif dalam ekosistem bisnis stasiun untuk membangun loyalitas khalayak dan mengonversi mereka menjadi pelanggan produk atau layanan yang diiklankan. Menggunakan program Ardan School untuk membangun engagement dengan target pasarnya, yaitu para pelajar. Hal ini terkait dengan penguatan brand yang dilakukan oleh radio Ardan sebagai nilai komersial dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki mulai dari program dan penyiar, hingga mengeksploitasi penyiar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat praktik komodifikasi khalayak yang dilakukan oleh radio Ardan dengan memanfaatkan target pasar sebagai sebagai bentuk penguatan positioning yang dilakukan oleh radio Ardan dengan memanfaatkan engagement terhadap khalayak melalui program Ardan School.

References

Albarran, A. B., Chan-Olmsted, S. M., & Wirth, M. O. (2008). HANDBOOK OF MEDIA MANAGEMENT AND ECONOMICS. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Alexander, A., Owers, J., Carveth, R., Hollifield, C. A., & Greco, A. (2004). Media economics: Theory and practice: Third edition. In Media Economics: Theory and Practice: Third Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/10.4324/9781410609687

Bhusal, T. P. (2014). Theoritical and Empirical Aproaches of Media Economics.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design : Choosing Among Five Approaches (4th ed.). California: Sage Publications. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Fuchs, C., & Mosco, V. (2013). Marx and The Political Economy of The Media. Boston: Brill.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). United States of America: Pearson.

Manemba, I. L., & Mokuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Tarif Iklan Terhadap Keputusan Berlangganan pada Siaran Radio Montini Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 55–72.

Matthew B. Miles, & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). United States: SAGE Publications, Inc.

Mosco, V. (2014). The Political Economy of Communication: Building a Foundation. London: Sage Publications. https://doi.org/10.4135/9781446279946.n5

Picard, R. G. (2018). The rise and expansion of research in media economics. Communication and Society, 31(4), 113–119. https://doi.org/10.15581/003.31.4.113-119

Singarimbun, K., Karlinah, S., Darwis, Y., & Hidayat, D. R. (2019). Reaching an optimal target: How prambors radio network uses content to connect with millennials. Library Philosophy and Practice, 2019.

Published

2025-06-09

Citation Check