KOMODITFIKASI AUDIENS DALAM INDUSTRI BISNIS MEDIA: STUDI KASUS ARDAN SCHOOL SEBAGAI EKONOMI POLITIK MEDIA ARDAN RADIO BANDUNG
Keywords:
Ardan Radio, Ardan School, Ekonomi Politik Media, Komodifikasi, Strategi BisnisAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi proses transformasi khalayak menjadi konsumen dalam program Ardan School, sebuah inisiatif strategis dari Ardan Radio Bandung. Menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengkaji komodifikasi khalayak terhadap identitas dan pengalaman mendengarkan khalayak. Penelitian ini mengungkap bahwa Ardan Radio tidak hanya menjangkau pendengar, tetapi melibatkan mereka secara aktif dalam ekosistem bisnis stasiun untuk membangun loyalitas khalayak dan mengonversi mereka menjadi pelanggan produk atau layanan yang diiklankan. Menggunakan program Ardan School untuk membangun engagement dengan target pasarnya, yaitu para pelajar. Hal ini terkait dengan penguatan brand yang dilakukan oleh radio Ardan sebagai nilai komersial dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki mulai dari program dan penyiar, hingga mengeksploitasi penyiar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat praktik komodifikasi khalayak yang dilakukan oleh radio Ardan dengan memanfaatkan target pasar sebagai sebagai bentuk penguatan positioning yang dilakukan oleh radio Ardan dengan memanfaatkan engagement terhadap khalayak melalui program Ardan School.
References
Albarran, A. B., Chan-Olmsted, S. M., & Wirth, M. O. (2008). HANDBOOK OF MEDIA MANAGEMENT AND ECONOMICS. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Alexander, A., Owers, J., Carveth, R., Hollifield, C. A., & Greco, A. (2004). Media economics: Theory and practice: Third edition. In Media Economics: Theory and Practice: Third Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/10.4324/9781410609687
Bhusal, T. P. (2014). Theoritical and Empirical Aproaches of Media Economics.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design : Choosing Among Five Approaches (4th ed.). California: Sage Publications. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fuchs, C., & Mosco, V. (2013). Marx and The Political Economy of The Media. Boston: Brill.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). United States of America: Pearson.
Manemba, I. L., & Mokuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Tarif Iklan Terhadap Keputusan Berlangganan pada Siaran Radio Montini Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 55–72.
Matthew B. Miles, & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). United States: SAGE Publications, Inc.
Mosco, V. (2014). The Political Economy of Communication: Building a Foundation. London: Sage Publications. https://doi.org/10.4135/9781446279946.n5
Picard, R. G. (2018). The rise and expansion of research in media economics. Communication and Society, 31(4), 113–119. https://doi.org/10.15581/003.31.4.113-119
Singarimbun, K., Karlinah, S., Darwis, Y., & Hidayat, D. R. (2019). Reaching an optimal target: How prambors radio network uses content to connect with millennials. Library Philosophy and Practice, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Signal, Prodi Ilmu Komunikasi. Universitas Swadaya Gunung Jati as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Signal, Universitas Swadaya Gunung Jati and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Kajian Akuntansi are the sole responsibility of their respective authors and advertisers.