MARKETING PUBLIC RELATIONSHOTEL SYARIAH DALAM MEMBANGUN LIFESTYLEISLAMI KOTA BANDUNG

Femi Oktaviani

Abstract


ABSTRACT

This research proposes about marketing public relations on sharia (Islamic) hotel in building an Islamic lifestyle of Bandung city. The activities of public relations marketing of sharia hotels are done with the aim to raise the public awareness to use sharia hotels, build the support from stakeholders, and reduce crime rate through sharia-based hotel culture. This research uses descriptive qualitative method, which is a contextual research that makes the human as an instrument and adapted to a reasonable situation in relation with the collecting of data which is generally qualitative. The result of this research is marketing public relations to build public awareness in using sharia hotels especially in Narapati hotel, conducted through 2 ways those are, educate an obstacles and an educational campaign which are expected to change awareness, interest, and adoption to society to use sharia hotel. To building the supports from stakeholders are done through support from the government, community and human resources which are expected to build a partnership and policy with stakeholders so that customers of sharia hotels can maintain value equity, brand equity and retention equity. To reduce or suppress the crime rate in Bandung city through sharia-based hotel culture, conducted through examination of identity card and luggage that expected social change in society especially the criminality done in hotel will decrease although the change takes a long time.

 

Key Words:  marketing public relations and sharia hotel

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini mengemukakan tentang marketing public relations hotel syariah dalam membangun lifestyle islami kota Bandung. Kegiatan marketing public relations hotel syariah dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hotel syariah, membangun support dari para stakeholder, dan mengurangi angka krimialitas melalui budaya hotel berbasis syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian kontekstual yang menjadikan manusia sebagai instrument dan disesuaikan dengan situasi yang wajar dalam kaitannya dengan pengumpulan data yang pada umumnya bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini adalah marketing public relations untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menggunakan hotel syariah khsusunya hotel Narapati, dilakukan melaui 2 cara yaitu, mengedukasi kendala dan kampanye edukasi yang diharapkan dapat merubah kesadaran, minat, dan adopsi pada masyarakat untuk menggunakan hotel syariah. Membangun suport dari para stakeholder, dilakukan melalui support dari pemerintah, masyarakat, dan SDM yang diharapkan dapat membangun partnership dan policy dengan para stakeholder sehingga pelanggan atau konsumen dari hotel syariah dapat mempertahanakan value equity, brand equity, dan retentionequity. Untuk mengurangi atau menekan angka kriminalitas di kota Bandung melalui budaya hotel berbasis syariah, dilakukan melalui pemeriksaan kartu identitas dan barang bawaan yang diharapkan adanya perubahan social di masyarakat khususnya kriminialitas yang dilakukan di hotel akan berkurang walaupun perubahan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Kata Kunci : marketing public relations dan hotel syariah.

References


DAFTAR PUSTAKA

Bungin, Burhan.2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Chatamallah, Maman. 2008. Strategi Public Relations dalam Promosi Pariwisata : Studi Kasus dengan Pendekatan Marketing Public Relations di Provinsi Banten. Mediator. Vol. 9 No.2

Juliansyah, Evi. 2000. Promosi PR dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk dan Jasa. Bandung : Mandar Maju.

Milles, B. Mattews & A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah : Tjetjep Rohendi Rohidi. Cetakan Pertama : 1992. Penerbit UI.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta : Andi.

Wilcox, Dennis L. 2006. Public Relations Strategi dan Taktik. Batam : Interaksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i1.955

Refbacks

execute(); ?>