EKSISTENSI DIRI YOUTUBER “JONESHOOD†“Studi Fenomenologis Mengenai Eksistensi Diri Youtuber “JONESHOOD†di Kota Bandungâ€
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi diri youtuber “Joneshood†. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan pengamatan berperan serta. Objek penelitian ini adalah anggota Joneshood Bandung. Penelitian ini menemukan eksistensi diri anggota youtuber Joneshood terbentuk dari eksistensi diri, perkembangan joneshood sebagai bentuk eksistensi diri, dan upaya-upaya dalam mempertahankan eksistensi diri. Dengan memahami tindakan anggota youtuber “Joneshood†secara individu dapat dilihat dari kemampuan yang mendasari tindakan tersebut sehingga dapat diketahui perkembangan eksistensi diri youtuber Joneshood.
Â
Kata Kunci : Eksistensi diri, youtuber, media sosial
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
REFERENSI
Abidin, Zaenal. (2002). Filsafat Manusia. Bandung: PT.Remaja Rosada Karya
Atmosudirdjo, Prajudi. (1996). Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Kaunika
Chang, Hsin Hsin., & Chuang, Shuang-Shii. (2011). Social capital and individual motivations on knowledge sharing: Participant involvement as a moderator. Information and Management, 48, 9-18. doi:10.1016/j.im.2010.11.001.
Chiang, Hsiu-Sen., & Hsiao, Kuo-Lun. (2015). YouTube stickiness: the needs, personal, and environmental perspective. Internet Research, Vol. 25 Iss 1, 85–106. doi: 10.1108/IntR-11-2013-0236.
Curtis, Dan B., Floyd, James J., Winsor, Jerry L., (2005). Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Cragan F. John. (2004). Communication in Small Groups. Boston: Wadsworth Cengage Learning.
Hadiwijono, Harun. (2011). Sari Sejarah Filsafat Barat. Yogyakarta : Kanisius
Hamidi. (2010). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang : UMM Press
Kasali, Rhenald. (2005). Change. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.
Krishna, Anand. (2009). Total Success. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Kueek, Belly. (2006). Using Psychological Techniques in Selling Cara Menjual Untuk Hasil Luar Biasa. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Moeleong, J. Lexy. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2005). Jurnal Komunikasi dan Informasi. Bandung : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran.
Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosadakarya.
Soeroso, Andreas. (2008). Sosiologi 1 SMA Kelas X. Bogor : Yudhistira Qudra.
Sugiyono, (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Suprapto, Tommy. (2006). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Jakarta : Media Pressindo
Tubbs, Stewart. (2000). Human Communication: Principles and Contexts. Pennsylvania : McGraw Hill Education
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i1.954