STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT SEKSI INFORMASI DAN SARANA KOMUNIKASI KEIMIGRASIAN (FOSARKIM) DALAM MENANGANI PENGADUAN PELAYANAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS II CIREBON

Fitria ., Mukarto Siswoyo, Welly Wihayati

Abstract


Abstrak
Penelitian berjudul “Strategi Hubungan Masyarakat Seksi Informasi dan Sarana
Komunikasi Keimigrasian (Fosarkim) dalam Menangani Pengaduan Pelayanan
Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon†ini bertujuan untuk mengetahui
strategi hubungan masyarakat Seksi Fosarkim dalam menangani pengaduan
pelayanan paspor, apa saja bentuk pengaduan pelayanan paspor yang disediakan
oleh Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh
Seksi Fosarkim dalam menangani pengaduan pelayanan paspor. Penelitian
deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi non
partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penelitian
dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon Jalan Sultan Ageng Tirtayasa
No.51, Desa Kedung Dawa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, dengan
informan yaitu Kepala Seksi Fosarkim dan Kasubsi Komunikasi, serta masyarakat
pemohon paspor. Dengan hasil penelitian: 1) Strategi humas yang diterapkan
adalah dengan memfokuskan kepada pelayanan yang maksimal dan menerapkan
program-program sesuai tujuan sebelumnya, serta melakukan 3 langkah humas
dalam menangani pengaduan pelayanan paspor; 2) Bentuk pengaduan yang
disediakan adalah melalui SMS Gateaway, Nomor Handphone Kepala Kantor,
Kotak Saran, Email dan Websiteresmi Kantor, sertaSocial Media seperti
Instagram dan Twitter; 3) Upaya yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan lagi
sosialisasi-sosialisasi ke berbagai daerah dan berbagai kalangan.
Kata kunci : strategi hubungan masyarakat, pengaduan, pelayanan, Kantor
Imigrasi.
109
Abstract
The research entitled strategy of public relations of communication and
immigration information (Fosarkim) in complaint handling passport service at the
Office of the Immigration Class II Cirebon aims to find out how the strategy of
public relations Fosarkim Section in complaints handling passport services, what
the forms of complaints passport service are provided by the Office of the
Immigration Class II Cirebon, and how the efforts are made by the Fosarkim
Section in complaint handling of passport service at the Office of the Immigration
Class II Cirebon. This qualitative descriptive method research using data
collecting technique by non participant observation, indepth interview,
documentation, and Literature Study. The research has been conducted at the
Office of the Immigration Class II Cirebon, Jl. Sultan Ageng Tirtayasa, Desa
Kedung Dawa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon with informans are
Head Of Fosarkim Section, Kasubsi Communication, and customers application
passport. The results of these research are: 1) The strategy of public relations
applied is to focus to the maximal service and implement the programs according
to the previous goals, and doing 3 steps problems solving by public relations in
complaint handling passport; 2) The forms of complaints provided are SMS
Gateaway, Head Office Phone Number, Suggestion Boxes, Email and Official
Website of Office, and Social Media such as Instagram and Twitter, 3) The efforts
done by Fosarkim Section has to increase more the socializations to various
regions and various circles.
Keywords: Strategy, Public Relations, Complaints, Service, Passport


References


Daftar Pustaka

Buku

Ardianto, Dr. Elvinaro. 2013.

Handbook Of Public Relations.

Bandung: Simbiosa Rekatama

Media

Cutlip, Scott. M et.al. 2006. Effective

Public Relations Edisi

Kesembilan. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group

Dwi Dayanti et.al. 2014. Hubungan

Masyarakat. Tangerang

Selatan: Universitas Terbuka

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan

Effendy, Onong. Uchjana. 2006.

Hubungan Masyarakat Suatu

Studi Komunikasi.Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Herdiyansyah. 2015. Komunikasi

Pelayanan Publik Konsep dan

Aplikasi. Yogyakarta: Gava

Media

Kasali, Rhenald. 2014.Manajemen

Public Relations. Jakarta: PT

Temprint

Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-

Dasar Hubungan Masyarakat.

Jakarta Selatan: Ghalia

Indonesia

Lattimore, Dan, dkk.2010. Public

Relations Profesi dan

Praktik.Jakarta: Salemba

Humanika

Moleong, J Lexy. 2013.Metode

Penelitian Kualitatif Edisi

Revisi. Bandung: PT

RemajaRosdakarya

Morissan. 2010. Manajemen Public

Relations Strategi Menjadi

Humas Profesional.Jakarta:

Prenada Media Group

Mukarom dan Laksana. 2015.

Manajemen Public Relations

Panduan EfektifPengelolaan

Hubungan Masyarakat.

Bandung: CV Pustaka Setia

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu

Komunikasi Suatu Pengantar.

Bandung : PT

RemajaRosdakarya

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen

Public Relations & Media

Komunikasi Konsepsi dan

Aplikasi. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada

Silalahi, Ulber. 2010. Metode

Penelitian Sosial. Bandung:

PT Refika Aditama

Sjahriful, H. Abdullah. 1993.

Memperkenalkan Hukum

Keimigrasian.Jakarta: Ghalia

Indonesia

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan

R&D.Bandung: Alfabeta

Wasesa, Agung. 2013. Strategi

Public Relations. Jakarta:

PT. Gramedia

A. Undang-undang :

Undang-Undang Nomor 6 Tahun

TentangKeimigrasianCirebon

B. Lain-lain :

Siswoyo, Mukarto. 2015.

Disertasi:Implementasi

Kebijakan

Desentralisasi(Studi Kasus

Pelaksanaan Tugas Pokok

dan Fungsi DPRD

DalamOtonomi Daerah di

Kota Cirebon). Bandung:

Universitas Pasundan

(diambil pada Kamis, 31

Maret 2017, pukul 13.45

WIB)

Nugroho Rahutomo, Adi. 2013.

“StrategiHumasDalamMemp

ublikasikanInformasiPelayan

anPublikPada PT PLN

(PERSERO) Rayon di

SamarindaIlirâ€.

JurnalIlmuKomunikasi. I. 4

halaman : 324-327

(diambil pada Rabu, 5 Oktober

, pukul 22:36 WIB)

Samsar, Ladiatno. 2013.

“InovasiPelayananPaspor di

Kantor Imigrasi

(StudiTentangPeningkatanKu

alitasPelayananSuratPerjala

nanRepublikIndonesi DI

Kantor ImigrasiKlas I

Khusus Surabaya)â€.

JurnalKebijakandanManajemenPubli

k. I. 2 halaman: 1-2 (diambil

pada Senin, 10 Oktober 2016,

pukul 13:28 WIB)

http://kanimcirebon.com/

(diambil pada 10 Februari 2017,

:13 WIB)

http://id.wikipedia.org/wiki/imigrasi

(diambil pada 7 April 2017, 10:19

WIB)

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pasp

or

(diambil pada 7 April 2017, 10:26

WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v6i1.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>